Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Finlandia Terancam Kehilangan Peringkat Utang Teratas

Finlandia berpeluang untuk kehilangan peringkat utang teratas yang disandangnya dari Fitch Ratings menyusul kegagalan pemerintah dalam mengerem pertumbuhan utang negara.
PM Finlandia  Jyrki Katainen./Reuters
PM Finlandia Jyrki Katainen./Reuters

Bisnis.com, HELSINKI — Finlandia berpeluang untuk kehilangan peringkat utang teratas yang disandangnya dari Fitch Ratings menyusul kegagalan pemerintah dalam mengerem pertumbuhan utang negara.

Berdasarkan keterangan resmi yang dirilis lembaga pemeringkat internasional pada Sabtu (21/3), prospek kredit Finlandia terpangkas menjadi negatif dari stabil. Pada saat yang sama, Fitch juga menyatakan bahwa perlambatan ekonomi dan kenaikan utang dapat mengarah ke pemangkasan peringkat Finlandia yakni AAA.

Pemerintah Finlandia memperbolehkan untuk melipatgandakan utang publik sejak 2008. Namun, pemerintah tercatat gagal mencapai semua tujuan ekonomi selama empat tahun terakhir, dan pada Maret tahun ini, sistem perawatan kesehatan terbukti runtuh.

Sebelumnya, Standar & Poor juga memangkas peringkat utang Finlandia satu level di bawah akibat proyeksi adanya stagnansi ekonomi. Sementara itu, Finlandia masih memegang peringkat utang teratas yaitu Aaa oleh Moody’s Investor.

“Populasi di Finlandia terus menua yang berpotensi menjegal pertumbuhan ekonomi. Kita juga memiliki masalah di ekspor, karena Finlandia membutuhkan ekspor untuk tumbuh,” kata Menteri Keuangan Finlandia Antti Rinne. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Sumber : Bloomberg

Topik

Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper