Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group

Menteri Anies: Sekolah Swasta-Negeri Tak Lagi Dibedakan

Pemerintah akan memperbaiki dukungannya pada lembaga pendidikan swasta, sehingga mendapatkan perlakuan yang sama dengan lembaga pendidikan negeri.
Lili Sunardi
Lili Sunardi - Bisnis.com 16 Maret 2015  |  11:39 WIB
Anies Baswedan - Antara
Anies Baswedan - Antara

Bisnis.com, JAKARTA— Pemerintah akan memperbaiki dukungannya pada lembaga pendidikan swasta, sehingga mendapatkan perlakuan yang sama dengan lembaga pendidikan negeri.

Anies Baswedan, Menteri Pendidikan Dasar, Menengah dan Kebudayaan, mengatakan pemerintah tidak lagi membedakan lembaga pendidikan negeri dengan swasta, karena ingin memajukan pendidikan nasional.

“Semua harus mendapat dukungan pemerintah, karena tujuannya untuk meningkatkan kualitas sumber daya manusia, bukan perusahaan,” katanya di Komplek Istana Kepresidenan, Jakarta, Senin (16/3/2015).

Anies menuturkan pemerintah sedang mendiskusikan agar lembaga pendidikan swasta dan negeri dapat berkembang secara bersamaan. Dengan begitu, seluruh masyarakat dapat memiliki akses untuk mendapatkan pendidikan dengan kualitas yang lebih baik.

Menurutnya, salah satu yang dipikirkan pemerintah adalah memberi dukungan pada awal pembentukan lembaga pendidikan swasta. Pasalnya, lembaga swasta harus mengeluarkan dana besar untuk pengadaan lahan, pembangunan gedung, dan pengadaan sarana lainnya.

“Selama ini swasta yang baik adalah yang memiliki uang banyak, sedangkan swasta kecil sulit berkembang. Pemerintah ingin memikirkan bagaimana semua pihak mendapat dukungan pada saat pengadaan lahan, akses perbankan dan pendanaan,” ujarnya.

Pemerintah sendiri sebenarnya sudah melakukan penilaian kepada lembaga pendidikan swasta dengan menerbitkan akreditasi terhadap sarana fisik dan fasilitas belajar mengajar.

 

 

 

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

pendidikan menteri pendidikan
Editor : Nancy Junita
Bisnis Indonesia bersama 3 media menggalang dana untuk membantu tenaga medis dan warga terdampak virus corona yang disalurkan melalui Yayasan Lumbung Pangan Indonesia (Rekening BNI: 200-5202-055).
Ayo, ikut membantu donasi sekarang! Klik Di Sini untuk info lebih lengkapnya.

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

BisnisRegional

To top