Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Menteri Anies: Sekolah Swasta-Negeri Tak Lagi Dibedakan

Pemerintah akan memperbaiki dukungannya pada lembaga pendidikan swasta, sehingga mendapatkan perlakuan yang sama dengan lembaga pendidikan negeri.
Anies Baswedan/Antara
Anies Baswedan/Antara

Bisnis.com, JAKARTA— Pemerintah akan memperbaiki dukungannya pada lembaga pendidikan swasta, sehingga mendapatkan perlakuan yang sama dengan lembaga pendidikan negeri.

Anies Baswedan, Menteri Pendidikan Dasar, Menengah dan Kebudayaan, mengatakan pemerintah tidak lagi membedakan lembaga pendidikan negeri dengan swasta, karena ingin memajukan pendidikan nasional.

“Semua harus mendapat dukungan pemerintah, karena tujuannya untuk meningkatkan kualitas sumber daya manusia, bukan perusahaan,” katanya di Komplek Istana Kepresidenan, Jakarta, Senin (16/3/2015).

Anies menuturkan pemerintah sedang mendiskusikan agar lembaga pendidikan swasta dan negeri dapat berkembang secara bersamaan. Dengan begitu, seluruh masyarakat dapat memiliki akses untuk mendapatkan pendidikan dengan kualitas yang lebih baik.

Menurutnya, salah satu yang dipikirkan pemerintah adalah memberi dukungan pada awal pembentukan lembaga pendidikan swasta. Pasalnya, lembaga swasta harus mengeluarkan dana besar untuk pengadaan lahan, pembangunan gedung, dan pengadaan sarana lainnya.

“Selama ini swasta yang baik adalah yang memiliki uang banyak, sedangkan swasta kecil sulit berkembang. Pemerintah ingin memikirkan bagaimana semua pihak mendapat dukungan pada saat pengadaan lahan, akses perbankan dan pendanaan,” ujarnya.

Pemerintah sendiri sebenarnya sudah melakukan penilaian kepada lembaga pendidikan swasta dengan menerbitkan akreditasi terhadap sarana fisik dan fasilitas belajar mengajar.

 

 

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Lili Sunardi
Editor : Nancy Junita
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper