Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Misteri Gua Batu Akik Pamekasan, Mendadak Ditemukan Penggali Sumur

Gua batu akik yang ditemukan warga Desa Blaban, Kecamatan Batumarmar, Kabupaten Pamekasan saat menggali sumur beberapa hari lalu kini menjadi objek wisata mendadak.
Gua Batu Akik Desa Blaban, Batumarmar, Pamekasan, Jatim/Antara
Gua Batu Akik Desa Blaban, Batumarmar, Pamekasan, Jatim/Antara

Bisnis.com, JAKARTA - Gua batu akik yang ditemukan warga Desa Blaban, Kecamatan Batumarmar, Kabupaten Pamekasan saat menggali sumur beberapa hari lalu kini menjadi objek wisata mendadak.

Gua batu akik itu ditemukan oleh pekerja penggali sumur milik Sati (40) warga Dusun Rojing, Desa Blabar, Kecamatan Batumarmar, Pamekasan pada Selasa (3/3/2015), sekitar pukul 10.00 WIB.

Saat itu, beberapa orang pekerja sedang menggali sumur untuk kebutuhan air minum mereka. Saat kedalaman 7 meter, tiba-tiba penggali sumur menemukan lubang besar berdiameter 50 meter persegi, dan pada dinding lubang itu penuh dengan batu akik.

Atas temuan itu, warga pemilik sumur langsung melaporkan ke Kepala Desa Blaban Sukrianto, dan selanjutnya informasi penemuan gua batu akik itu menyebar luas di kalangan masyarakat.

"Saya selaku kades juga langsung melaporkan temuan warga saya itu ke Muspika Batumarmar dan sudah ada petugas yang datang kesini," katanya, Jumat.

Sejak adanya kabar penemuan batu akik ini, banyak warga yang datang ke Dusun Rojing.

Mereka yang datang tidak hanya dari desa tetangga, akan tetapi juga banyak dari kecamatan lain, termasuk warga Sampang dan Sumenep.

Lokasi gua batu akik itu kini juga dijaga polisi, karena khawatir batu-batu yang ada di dalam gua itu diambil warga.

Ketua DPRD Pamekasan  Halili mengunjungi yang mengunjungi lokasi penemuan gua batu akik yang terletak di Dusun Rojing Desa Blaban Kecamatan Batumarmar itu, sempat turun secara langsung melihat dinding gua yang serba gemerlap dari batu mulia itu.

"Ini luar biasa," katanya, berdecak kagum.

Dinding gua diperhatikan dengan saksama dengan menggunakan lampu senter yang ia bawa, bahkan adik kandung Bupati Pamekasan Achmad Syafii ini sempat berfoto di dalam gua itu.

Halili berada di dalam gua ini sekitar 30 menit, setelah itu ia keluar karena cuaca di dalam gua memang terasa pengap.

"Gua ini sangat potensial untuk dikembangkan menjadi objek wisata di Pamekasan," ungkapnya.

Politikus Partai Persatuan Pembangunan (PPP) Pamekasan ini lebih lanjut menyatakan, pihaknya siap mendukung alokasi anggaran, apabila pihak eksekutif memang berencana mengalokasikan anggaran untuk menjadikan gua itu sebagai objek wisata.

"Kami siap mendukung, karena nampaknya memang layak untuk dikembangkan," ujarnya.

Ketua DPRD Pamekasan Halili merupakan pejabat publik kedua di Pamekasan yang tertarik untuk datang secara langsung melihat gua batu akik yang terletak di Dusun Rojing, Desa Blaban, Kecamatan Batumarmat, Pamekasan ini.

Sebelumnya, Komandan Kodim 0826 Pamekasan Letkol Arm Mawardi juga datang secara langsung ke gua batu akik itu.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : News Editor
Sumber : Antara

Topik

Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper