Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

China Berencana Merger Perusahaan Minyak Negara

Pemerintah China dikabarkan berencana melebur sejumlah perusahaan minyak negara menjadi sebuah perusahaan raksasa dengan tujuan meningkatkan daya saing melawan perusahaan minyak dunia lainnya seperti Exxon Mobil Corp.
Bisnis.com, BEIJING -- Pemerintah China dikabarkan berencana melebur sejumlah perusahaan minyak negara menjadi sebuah perusahaan raksasa dengan tujuan meningkatkan daya saing melawan perusahaan minyak dunia lainnya seperti Exxon Mobil Corp.
 
Saat ini para pengambil kebijakan Negeri Panda tengah memproses rencana ini dengan meminta para penasihat ekonomi negara untuk melakukan studi.
 
Rencana ini sejalan dengan ambisi pemerintah yang ingin meningkatkan peran pasar pada perekonomian negara itu.
 
"Nantinya beberapa perusahaan akan digabung seperti China National Petroleum Corp, China Petrochemical Corp, dan China National Offshore Oil Corp," ungkap seorang sumber yang enggan namanya disebutkan, seperti dikutip Bloomberg dari Wall Street Journal, Rabu (18/2/2015).
 
Isu merger perusahaan minyak muncul setelah China merealisasikan rencananya untuk melebur dua perusahaan pembuat kereta api, CSR Corp dan CNR Corp akhir tahun lalu.
 
Kendati demikian, su ber tersebut bekum mengetahui secara jelas kapan perusahaan minyak akan dimerger.
 
Seperti dilaporkan Kantor Statistik Nasional, China tumbuh 7,4% sepanjang 2014 dari tahun sebelumnya, pertumbuhan paling lambat dalam 24 tahun.
 
Untuk mengatasi perlambatan tajam, negara itu tengah mendiskusikan langkah-langkah strategis sperti merger BUMN, dan percepatan pengerjaam sejumlah proyek infrastruktur.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Dara Aziliya
Editor : Rustam Agus
Sumber : Bloomberg
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper