Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Usai Umumkan Badrodin Haiti, Jokowi Dipuji Netizen

Yose Rizal, Founder PoliticaWave mengatakan pengumuman tersebut menjadi sorotan utama dalam pemberitaan diberbagai situs online media.
Komjen Pol Badrodin Haiti./Antara-Andika Wahyu
Komjen Pol Badrodin Haiti./Antara-Andika Wahyu

Bisnis.com, BOGOR - Presiden Jokowi pada hari ini Rabu (18/2/2015) sekitar pukul 14.30 WIB mengumumkan pembatalan atas pencalonan Budi Gunawan sebagai calon kapolri.

Pengumuman tersebut sekaligus menetapkan Badrodin Haiti sebagai calon Kapolri pengganti serta mengumumkan tiga nama pimpinan sementara KPK.

Yose Rizal, Founder PoliticaWave, mengatakan pengumuman tersebut menjadi sorotan utama dalam pemberitaan diberbagai situs online media.

"Netizen di berbagai kanal sosial media juga turut memberikan respons atas hal tersebut," ujar Yose dalam siaran pers yang diterima Bisnis.com, Rabu (18/2/2015).

Menurutnya, salah satu indikasi antusiasme netizen tersebut adalah masuknya nama Badrodin Haiti sebagai trending topik twitter di Indonesia.

Hasil pantauan PoliticaWave sejak pukul 14.00 hingga pukul 16.30 mencatat jumlah percakapan yang besar untuk topik tersebut yakni 21,496 Percakapan yang dilakukan oleh 8,858 unique user dimana percakapan tersebut berpotensi menjangkau 58,504,248 akun.

Dukungan netizen akan keputusan Jokowi tersebut sangat besar yakni sebanyak 17,889 percakapan atau sekitar 88% netizen mendukung dan memberikan sentiment positif atas keputusan tersebut.

Sementara itu sentimen negatif hanya mendapat nilai 1% dari seluruh total percakapan yang datang dari kritik PDIP atas keputusan Jokowi tersebut.

Pemberitaan mengenai adanya kelompok yang tetap mendukung Budi Gunawan sebagai kapolri dan isu mengenai Badrodin Haiti yang juga diindikasikan memiliki rekening gendut.

Selama masa pemantauan, kata dia, tidak ditemukan tweet dari netizen yang tetap mendukung pencalonan Budi Gunawan.

Menurutnya, 11% dari total percakapan adalah sentimen netral yang datang dari topik mengenai share berita terkait pengumuman tersebut maupun pengumuman penunjukan Badrodin Haiti.

Dia menambahkan hasil analisis PoliticaWave membagi reaksi positif netizen tersebut menjadi tiga topik utama yakni dukungan netizen untuk Jokowi dan keputusannya mendominasi topik percakapan dengan total 10,649 percakapan atau lebih dari 60% dari percakapan positif.

Keputusannya banyak dipuji oleh netizen terutama mengenai keberaniannya untuk tidak melantik Budi Gunawan dan penunjukan tiga tokoh KPK terutama Johan Budi yang dinilai tepat, ujar Yose.

Apresiasi netizen tersebut paling banyak dituangkan dalam percakapan dengan #jokowikita dengan total percakapan 5,755 percakapan.

Tidak jadinya Budi Gunawan sebagai Kapolri dan penunjukan Badrodin Haiti sebagai Calon Kapolri yang baru mendapat reaksi positif sebanyak 4,691 percakapan atau sekitar 28% dari total percakapan positif.

Menurutnya, Johan Budi adalah tokoh yang paling banyak disebutkan dan diapresiasi secara positif oleh netizen dengan total percakapan positif sebanyak 2,213 atau 4% dari total percakapan positif.

Dukungan netizen masih terus mengalir hingga hasil analisa ini dibuat, selain mengapresiasi netizen juga menyadari bahwa keputusan Presiden Jokowi tidak akan memuaskan semua pihak, katanya.

Namun, di sosial media, netizen menyatakan kesiapannya untuk terus mendukung Jokowi jika keputusannya sesuai dengan kehendak rakyat.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Miftahul Khoer
Editor : Fatkhul Maskur
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper