Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

Hebat, Tiga Siswa di Bogor Ini Berhasil Alat Penjernih Air

Hebat, Tiga Siswa di Bogor Ini Berhasil Alat Penjernih Air
Redaksi
Redaksi - Bisnis.com 26 Januari 2015  |  11:22 WIB
Ilustrasi - Bisnis
Ilustrasi - Bisnis

Kabar24.com, JAKARTA - Tiga siswa SMA Negeri Bogor menciptakan instalasi penjernih air untuk solusi masyarakat di lokasi banjir.

"Alat sederhana kami harapkan bisa menginspirasi pemegang kebijakan dan teknokrat yang kompeten supaya bisa membantu korban banjir untuk memperoleh air bersih," kata salah satu siswa pembuat alat tersebut, Fuad di Bandung, Senin.

Alat ciptaan tim dari SMAN Bogor itu menjadi juara ketiga pada Lomba Teknologi Tepat Guna untuk tingkat SMA se-Indonesia dalam Sanitasi dan penyediaan air berkelanjutan yang digelar oleh Himpunan Mahasiswa Teknik Lingkungan Institut Teknologi Bandung (ITB), Sabtu (24/1).

Instalasi penjernih air itu dibuat siswa kelas XII SMAN Bogor, Fuad, Robbi, dan Indah. Penjernih  itu terdiri dari satu tangki, dua pipa filtrasi dan tangki pengaduk.

Menurut Indah, alat ini terjadi empat tahap proses penjernihan air, pertama coagulasi atau pengentalan air. Kemudian flokulasi yaitu satu proses kimia yang digunakan untuk menghilangkan bahan cemaran.

Proses ketiga adalah sedimentasi yaitu pengendapan material dalam air serta keempat filtrasi yaitu proses pemisahan melalui dua saluran pipa untuk memisahkan endapan dan air bersih.

"Instalasi ini menampung 50 liter air dan bisa menghasilkan 40 liter air bersih yang telah diproses dalam waktu 15 hingga 20 menit," kata Indah.

Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

banjir

Sumber : Antara

Editor : Andhika Anggoro Wening

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

To top