Cari berita
  • facebook
  • twitter
  • instagram
  • youtube
Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia tokotbisnis Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

Kongres PAN 2015: Berebut 585 Suara, Siapa Menang: Zul atau Hatta?

Dua kader Partai Amanat Nasional (PAN) Zulkifli Hasan dan Hatta Rajasa dipastikan bertarung memperebutkan 585 suara untuk bisa menjabat sebagai ketua umum periode 2015-2020.
Ashari Purwo Adi N
Ashari Purwo Adi N - Bisnis.com 09 Januari 2015  |  17:12 WIB
Kongres PAN 2015: Berebut 585 Suara, Siapa Menang: Zul atau Hatta?
Hatta Rajasa (kiri) dan Zulkifli Hasan (kanan) - Antara
Bagikan

Kabar24.com, JAKARTA—Dua kader Partai Amanat Nasional (PAN) Zulkifli Hasan dan Hatta Rajasa dipastikan bertarung memperebutkan 585 suara untuk bisa menjabat sebagai ketua umum periode 2015-2020.

Ketua DPP PAN Viva Yoga mengatakan dalam Kongres PAN ada Zul dan Hatta akan memperebutkan sedikitnya 585 kader daerah yang memiliki suara.

Rinciannya, pengurus di tingkat kabupaten/kota masing-masing mendapat satu suara, setingkat provinsi dua suara, dan DPP tiga suara.

Meski sudah hampir pasti keduanya akan mencalonkan diri dalam bursa ketua umum, papar Viva, keduanya belum berbicara dengan kader lain untuk dijadikan pendamping paket dengan jabatan sekretaris jenderal.

“Terkait dengan anak Amien Rais, Ahmad Hanafi Rais, yang digadang-gadang menjadi pasangan Zulkifli, saya tidak komentar dulu. Tapi Hanafi setuju dengan ayahnya yang berpendapat ketum PAN hanya sekali menjabat,” katanya kepada Bisnis, Jumat (9/1/2015).

Dalam rakernas, sebagai pendiri, Amien Rais menyampaikan keinginannya untuk meregenerasi kader partai. Secara tidak langsung, Amien tidak menginginkan Hatta menjabat lagi sebagai ketum.

Menurutnya, seluruh kader juga menginginkan hal yang sama. “Saat itu, Amien pernah diminta kembali memimpin PAN saat kongres 2010. Tapi dia tidak mau dan memilih menyerahkan jabatan ketua umum kepada Hatta,” ujar Viva.

Meski demikian, Viva memasikan, pertarungan merebut jabatan ketum PAN tidak akan membelah partai seperti Partai Golkar dan PPP.

“Meski keduanya diprediksi akan bersaing sengit, namun saya yakin Hatta dan Zul mampu membawa kongres berjalan damai sehingga partai tidak terbelah,” tegasnya.

Saat ini, paparnya, DPP PAN masih disibukkan dengan penyusunan steering committee kongres yang akan diselenggarakan di Nusa Dua, Bali, akhir Februari 2015.

Penyelenggaraan kongres terkait dengan masa kepengurusan periode 2010-2015 yang akan berakhir pada 6 April 2015.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

partai amanat nasional Kongres PAN 2015
Editor : Saeno
Bagikan

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Lainnya

Berita Terkini

back to top To top