Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Kongres PAN 2015: Berebut 585 Suara, Siapa Menang: Zul atau Hatta?

Dua kader Partai Amanat Nasional (PAN) Zulkifli Hasan dan Hatta Rajasa dipastikan bertarung memperebutkan 585 suara untuk bisa menjabat sebagai ketua umum periode 2015-2020.
Hatta Rajasa (kiri) dan Zulkifli Hasan (kanan)/Antara
Hatta Rajasa (kiri) dan Zulkifli Hasan (kanan)/Antara

Kabar24.com, JAKARTA—Dua kader Partai Amanat Nasional (PAN) Zulkifli Hasan dan Hatta Rajasa dipastikan bertarung memperebutkan 585 suara untuk bisa menjabat sebagai ketua umum periode 2015-2020.

Ketua DPP PAN Viva Yoga mengatakan dalam Kongres PAN ada Zul dan Hatta akan memperebutkan sedikitnya 585 kader daerah yang memiliki suara.

Rinciannya, pengurus di tingkat kabupaten/kota masing-masing mendapat satu suara, setingkat provinsi dua suara, dan DPP tiga suara.

Meski sudah hampir pasti keduanya akan mencalonkan diri dalam bursa ketua umum, papar Viva, keduanya belum berbicara dengan kader lain untuk dijadikan pendamping paket dengan jabatan sekretaris jenderal.

“Terkait dengan anak Amien Rais, Ahmad Hanafi Rais, yang digadang-gadang menjadi pasangan Zulkifli, saya tidak komentar dulu. Tapi Hanafi setuju dengan ayahnya yang berpendapat ketum PAN hanya sekali menjabat,” katanya kepada Bisnis, Jumat (9/1/2015).

Dalam rakernas, sebagai pendiri, Amien Rais menyampaikan keinginannya untuk meregenerasi kader partai. Secara tidak langsung, Amien tidak menginginkan Hatta menjabat lagi sebagai ketum.

Menurutnya, seluruh kader juga menginginkan hal yang sama. “Saat itu, Amien pernah diminta kembali memimpin PAN saat kongres 2010. Tapi dia tidak mau dan memilih menyerahkan jabatan ketua umum kepada Hatta,” ujar Viva.

Meski demikian, Viva memasikan, pertarungan merebut jabatan ketum PAN tidak akan membelah partai seperti Partai Golkar dan PPP.

“Meski keduanya diprediksi akan bersaing sengit, namun saya yakin Hatta dan Zul mampu membawa kongres berjalan damai sehingga partai tidak terbelah,” tegasnya.

Saat ini, paparnya, DPP PAN masih disibukkan dengan penyusunan steering committee kongres yang akan diselenggarakan di Nusa Dua, Bali, akhir Februari 2015.

Penyelenggaraan kongres terkait dengan masa kepengurusan periode 2010-2015 yang akan berakhir pada 6 April 2015.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Editor : Saeno
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper