Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Jokowi Tak Perlu Gerah Hadapi Koalisi Merah Putih

Presiden Joko Widodo diminta bersikap santai menghadapi kalangan Dewan Perwakilan Rakyat yang dinilai kerap menjegal sejumlah kebijakannya.
Bisnis.com, DEPOK--Presiden Joko Widodo diminta bersikap santai menghadapi kalangan Dewan Perwakilan Rakyat yang dinilai kerap menjegal sejumlah kebijakannya.
 
Makmur Amir, Dosen Hukum Tata Negara Fakultas Hukum Universitas Indonesia mengatakan selama pemerintah mengeluarkan kebijakan pro rakyat, Jokowi harus bersikap percaya diri.
 
"Saya pikir Jokowi tidak perlu 'gerah' dengan apa yang dilakukan selama ini oleh para anggota DPR dari Koalisi Merah Putih," ujarnya dalam diskusi Menatap Pemilihan Kepala Daerah Kota Depok di Kampus UI, Selasa (6/1).
 
Dia menuturkan keberadaan anggota DPR dari Koalisi Merah Putih justru harus disikapi sebagai penyeimbang untuk mengontrol jalannya pemerintahan.
 
Sebagai contoh, kata dia, beberapa kebijakan terkait Pilkada dan kenaikan harga BBM selama ini menjadi perdebatan antara pemerintah dengan DPR dari Koalisi Merah Putih dan Koalisi Indonesia Hebat yang mendukung Jokowi.
 
Seolah-olah, kata Makmur, Koalisi Merah Putih akan terus menjegal kebijakan-kebijakan pemerintahan Jokowi. Padahal, lanjutnya hal tersebut merupakan sipak demokrasi.
 
"Justru harus sebaliknya, apabila semua anggota DPR mendukung kebijakan sebuah pemerintahan, siapa yang akan mengontrol. Maka saya pikir kondisi politik saat ini cukup menarik," ujarnya.
 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Miftahul Khoer
Editor : Rustam Agus
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper