Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

AIRASIA QZ8501 DITEMUKAN: KNKT Mulai Lakukan Pencarian Kotak Hitam

Komite Nasional Keselamatan Transportasi (KNKT) segera mengirim tim investigasi untuk mencari kotak hitam atau black box AirAsia QZ8501 jenis Airbus A320 yang dipastikan jatuh di selat Karimata.

Kabar24.com, JAKARTA—Komite Nasional Keselamatan Transportasi (KNKT) segera mengirim tim investigasi untuk mencari kotak hitam atau black box AirAsia QZ8501 jenis Airbus A320 yang dipastikan jatuh di selat Karimata.

Kepala KNKT Tatang Kurniadi mengatakan tim KNKT diterjunkan besok ke lokasi sekitar penemuan serpihan pesawat untuk membantu pencarian kotak hitam. “Itu tahap lanjutan setelah titik pesawat jatuh sudah ditemukan,” katanya kepada Bisnis, Selasa (30/12).

Selain penumpang, jelasnya, fokus pencarian itu adalah kotak hitam karena kotak hitam berisi tentang seluruh informasi yang berkaitan dengan pesawat QZ8501. Dalam sebuah pesawat, kotak hitam berfungsi untuk merekam pembicaraan antara pilot dan pemandu lalu lintas udara atau air traffic control (ATC).

Selain itu, kotak hitam juga mampu memberikan informasi terkait dengan tekanan udara dan kondisi cuaca selama penerbangan. "Kotak hitam itu biasanya berwarna oranye agar lebih mudah ditemukan jika pesawat itu mengalami kecelakaan.”

Selanjutnya, jelas Tatang, tim akan mengevaluasi kronologi sesuai dengan keterangan yang didapat dari kotak hitam itu. “Dengan flight recorder atau perekam data penerbangan yang ada di black box, kita bisa ungkap penyebab terjadinya insiden yang menimpa perusahaan penerbangan asal Malaysia itu.”

Evaluasi kotak hitam, tuturnya, akan dilakukan di dalam negeri. “KNKT sudah mempunyai kemampuan yang didukung teknologi untuk mengidentifikasi black box itu. Jadi, kita tidak perlu membawa black box ke luar negeri,” kata Tatang.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper