Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Piutang Pajak Cimahi Capai Rp107 Miliar

Dinas Pendapatan Daerah (Dispenda) Kota Cimahi mencatat jumlah tunggakan wajib Pajak Bumi dan Bangunan (PBB) wajib mencapai Rp107 miliar.

Bisnis.com, CIMAHI – Dinas Pendapatan Daerah (Dispenda) Kota Cimahi mencatat jumlah tunggakan wajib Pajak Bumi dan Bangunan (PBB) wajib mencapai Rp107 miliar.

Jumlah tersebut merupakan akumulasi dari tahun 1994-2013 yang belum dibayar oleh wajib pajak.

Sekretaris Dispenda Kota Cimahi Harjono menyebutkan, jumlah wajib pajak (WP) yang menunggak itu diperkirakan mencapai 106.549 orang atau badan usaha dengan jumlah tunggakan bervariasi antara 5-10 tahun lamanya.

"Setelah diamati, munculnya piutang ini karena ada WP sudah bayar tapi belum tercatat di sistem yang sebelumnya digunakan KPP [Kantor Pajak Pratama].

Ada juga yang belum bayar serta ada yang objek pajaknya sudah dipecah," katanya, kepada Bisnis, Selasa (16/12/2014).

Untuk mengatasi hal itu, pihaknya sedang melakukan validasi terhadap buku lima (istilah nilai pajak yang jumlahnya diatas Rp5 juta) dan sudah mengkonsultasikannya ke Dirjen Pajak hingga terbitnya Surat Edaran No12/2013 tentang Pemeriksaan atas SPT Tahunan PPh Rugi dan SPT Masa PPN Lebih Bayar Kompensasi yang Daluwarsa.

Lewat SE itu, pihaknya harus mengkonfirmasi WP dengan melihat kepemilikan Surat Tanda Terima Setoran (STTS) dan juga melihat daftar ketetapannya.

Bahkan di SE berikutnya, pemda diberi kewenangan untuk memberikan tanda lunas bagi mereka yang bisa membuktikannya.

"Untuk 2015, kami sudah intruksikan ke kelurahan untuk menghimpun Daftar Ketetapan Pajak. Hal ini bertujuan untuk direkap dan disinkronisasikan barangkali WP sudah bayar tapi belum tercatat," ucapnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Herdi Ardia
Editor : Rustam Agus
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper