Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

HUKUMAN MATI: Layak untuk 3 Kejahatan Berikut

Pakar Hukum Pidana dari Universitas Indonesia Akhiar Salmi menilai penolakan permohonan grasi dari Presiden Joko Widodo (Jokowi) terhadap 64 terpidana kasus narkoba konsekuensinya bisa dijatuhi hukuman mati.
Ilustrasi hukuman mati/webpronews.com
Ilustrasi hukuman mati/webpronews.com

Kabar24.com, JAKARTA— Pakar Hukum Pidana dari Universitas Indonesia Akhiar Salmi menilai penolakan permohonan grasi dari Presiden Joko Widodo (Jokowi) terhadap 64 terpidana kasus narkoba konsekuensinya bisa dijatuhi hukuman mati.

SIMAK: HUKUMAN MATI: 5 Alasan Gereja Katolik Kecam Presiden Jokowi

"MA (Mahkamah Agung) agar memberikan penjelasan mengenai konsekuensi atas penolakan permohonan grasi oleh Presiden kepada 64 terpidana kasus narkoba," kata Akhiar Salmi pada diskusi "Hukuman Mati dan Penegakan HAM" di Gedung MPR/DPR/DPD, Jakarta, Senin (15/12/2014).

Menurut Akhiar Salmi, keputusan Presiden mengabulkan atau menolak permohonan grasi berdasarkan pertimbangan hukum dari MA, sehingga sepatutnya memberikan penjelasan.

Akhiar menegaskan hukuman mati layak diberikan kepada terpidana kasus narkoba, teroris, dan korupsi, karena kejahatan yang dilakukannya memberikan dampak luas kepada masyarakat.

Pengajar pada Jurusan Humkum Pidana Fakultas Hukum Universitas Indonesia ini mencontohkan, pelaku tindak pidana korupsi yang mengakibatkan kerugian negara sangat besar memberikan dampak masyarakat menjadi kehilangan kesempatan untuk hidup lebih layak.

"Jika dikaitkan dengan pelanggaran HAM, gembong narkoba, teroris, dan koruptor, jelas melanggar HAM, sehingga jika diberikan hukuman maksimal hingga hukuman mati, sesuai aturan perundangan," katanya.

Akhiar mencontohkan ada beberapa UU yang mengatur soal ancaman hukuman mati seperti pada pasal 340 UU tentang KUPH menyebutkan pelaku pembunuhan berencana dapat dijatuhi hukuman maksimal hingga hukuman mati.

Kemudian, pada pasal 2 ayat 2 UU No 31 tahun 1999 tentang KPK mengatur soal pelaku korupsi dalam keadaan tertentu dapat dijatuhi hukuman mati.Namun, kata dia, tetap ada pro dan kontra terhadap hukuman mati dengan argumentasi masing-masing.

"Pro dan kontra itu, mana yang lebih kuat. Jika lebih kuat pro maka akan ada hukuman mati dan sebaliknya jika lebih kuat kontra maka tidak ada hukuman mati," katanya. (Kabar24.com)

BACA JUGA:

Sekolah di Bali Masih Gunakan Kurikulum 2013

PERPPU PILKADA: SBY Sedang Galau

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Editor
Editor : Nancy Junita
Sumber : Antara

Topik

Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper