JEMBATAN COMAL: Dibuka Normal 4 Desember

Pemerintah memastikan arus mudik menyambut libur akhir tahun dan Natal dari Jakarta menuju Surabaya akan lancar di Jalur Pantura seiring selesainya Jembatan Comal yang ambruk Agustus lalu.
Anggara Pernando | 02 Desember 2014 03:50 WIB
Jembatan Comal (tanda ) dilihat dari Peta Mudik GIS Kemenhub

Bisnis.com, JAKARTA -- Pemerintah memastikan arus mudik menyambut libur akhir tahun dan Natal dari Jakarta menuju Surabaya akan lancar di Jalur Pantura seiring dengan selesainya Jembatan Comal yang ambruk Agustus lalu.

Adriananda, Direktur Bina Pelaksanaan Wilayah II Direktorat Bina Marga, Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat yang membawahi pekerjaan Jembatan Comal ini menjelaskan, terhitung mulai 4 Desember mendatang kedua sisi Jembatan akan berfungsi 100%.

Saat ini jembatan masih berfungsi secara buka tutup yang mengakibatkan antrian hingga 4 kilometer pada jam sibuk dan 1 kilometer pada waktu normal.

"Kita telah menyelesaikan uji beban, dan mulai 4 Desember kedua sisi akan berfungsi normal," jelas Adri di Jakarta, Senin (1/12/2014).

Pengujian dilakukan dengan memarkir sekitar 8-10 truk tronton bermuatan berat dengan sumbu masing-masing 20 ton lalu dilihat parameter kelayakan.

Menurutnya penyelesaian ini lebih cepat 11 hari dari rencana semula yang diperkirakan baru dapat selesai pada 15 Desember mendatang. Selain itu Adri memperkirakan perbaikan kedua sisi jembatan menghabiskan anggaran Rp25 miliar.

Pejabat Pembuat Komitmen Tegal-Pemalang Pekalongan Balai Besar Pelaksanaan Jalan Nasional, Direktorat Bina Marga Kementerian PU-Pera, Yafoor Sulaiman menjelaskan secara keseluruhan pekerjaan telah mencapai 91%, dan ditargetkan pengaspalan tuntas dalam sehari sehingga sisa waktu tinggal finishing.

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :
Jembatan Comal

Editor :

Berita Terkait



Berita Terkini Lainnya



Top