Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

ADB: Kehadiran AIIB Bukan Kompetitor

Bank Pembangunan Asia tidak memandang Asia Infrastructure Investment Bank (AIIB) yang digagas oleh Tiongkok sebagai kompetitor di bidang pembiayaan proyek-proyek pembangunan di Asia yang diestimasi membutuhkan investasi hingga US$8 triliun hingga 2020.

Bisnis.com, JAKARTA--Bank Pembangunan Asia tidak memandang Asia Infrastructure Investment Bank (AIIB) yang digagas oleh Tiongkok sebagai kompetitor di bidang pembiayaan proyek-proyek pembangunan di Asia yang diestimasi membutuhkan investasi hingga US$8 triliun hingga 2020.

Wakil Presiden ADB untuk Asia Timur, Asia Tenggara, dan Asia Pasifik Stephen P. Groff menuturkan kebutuhan investasi di kawasan Asia sangat besar. Kebutuhan pembiayaan tersebut membuka ruang beroperasinya berbagai institusi kerjasama internasional.

"Tidak. Kami pikir itu bukan kompetitor ADB sama sekali," ujarnya seusai bertemu dengan Wakil Presiden Jusuf Kalla, Senin (01/12).

Berdasarkan estimasi ADB, lanjutnya, kebutuhan investasi di kawasan Asia mencapai US$8 triliun hingga 2020.

"Kami sangat paham alasan pendirian bank ini [AIIB] adalah besarnya kebutuhan investasi di Asia, kami estimasi kebutuhannya sekitar US$8 triliun dari sekarang sampai 2020," kata Groff.

Kendati Indonesia bekerja sama dengan berbagai lembaga keuangan internasional, Groff menegaskan pentingnya menjamin sumber pembiayaan dan proyek-proyek bergulir dengan akuntabel. Selain itu, juga menjamin keamanan lingkungan, perlindungan sosial, dan proses lelang proyek.

"Sangat kritikal untuk diperhatikan bahwa investasi yang digulirkan oleh lembaga keuangan internasional harus sustainable dalam jangka panjang dan menghasilkan manfaat bagi masyarakat luas," katanya.

Pada kesempatan tersebut, Groff mengatakan akan memperbaiki mekanisme kerjasama dengan Indonesia supaya proses dan proyek bergulir lebih efisien dan efektif.

"Tentu saja area procurement dan beberapa area lain yang dapat kami efisienkan lagi. Ini sedang kami pertimbangkan dan diskusikan," pungkasnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Ana Noviani
Editor : Rustam Agus
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper