Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

ALAT KELENGKAPAN DEWAN: Koalisi Merah Putih Borong Kursi Pimpinan

Koalisi Merah Putih kembali menunjukkan dominasinya dalam penetapan pimpinan 16 alat kelengkapan dewan (AKD) DPR RI.
Ilustrasi
Ilustrasi

Bisnis.com, JAKARTA – Koalisi Merah Putih kembali menunjukkan dominasinya dalam penetapan pimpinan 16 alat kelengkapan dewan (AKD) DPR RI.

Seperti diagendakan, pembahasan dan penetapan pimpinan 16 alat kelengkapan dewan (AKD) dilakukan hari ini, Rabu (29/10/2014) menyusul sudah ada enam fraksi yang menyerahkan nama-nama legislatornya untuk masuk ke dalam AKD.

Waki Ketua DPR Agus Hermanto menegaskan sudah ada enam fraksi yang sudah menyetorkan nama a.l. Fraksi Partai Golkar, Fraksi Partai Gerindra, Fraksi Partai Demokrat, Fraksi PAN, Fraksi PKS, dan Fraksi PPP.

Hal itu sesuai dengan tata tertib DPR RI pasal 251 ayat 1, paripurna sudah dapat mengambil keputusan pembahasan pimpinan atas dasar kuorum fraksi.

“Jadi sesuai aturan, penetapan pimpinan alat kelengkapan dewan sudah bisa dibahas di masing-masing komisi maupun alat kelengkapan dewan lainnya,” kata Agus seperti dilansir situs resmi DPR, Rabu (29/10).

Sesuai jadwal, sebanyak 11 komisi dan AKD lainnya yang terdiri dari Badan Legislasi, Badan Urusan Rumah Tangga, Badan Kordinasi Antar Parlemen, dan Mahkamah Kehormatan Dewan akan menggelar rapat secara maraton untuk membahas pimpinan mulai pukul 10.00 WIB hingga 14.00 WIB di ruang masing-masing komisi.

Sejauh ini, seperti diberitakan Antara hingga pukul 16.18 WIB, sapu bersih mulai tampak dilakukan kubu KMP.

Anggota DPR RI dari Fraksi Partai Amanat Nasional Saleh Partaonan terpilih sebagai Ketua Komisi VIII DPR RI.
Tiga nama lainnya terpilih sebagai wakil ketua Komisi VIII yakni Deding Ishak (Fraksi Partai Golkar), Sodik Nudjahid (Fraksi Gerindra), dan Ledia H Amaliah (Fraksi PKS).

Di Komisi II, politisi Partai Golkar Rambe Kamarulzaman terpilih sebagai ketua dengan wakil ketua Riza Patria (Fraksi Gerindra), dan Wahidin Halim.

Ketua Komisi I DPR RI kembali diraih Mahfudz Siddiq (FPKS), dengan wakil ketua Hanafi Rais (FPAN), Tantowi Yahya (FPG), dan Asril Tanjung (Fraksi Partai Gerindra)

Di Komisi IX, posisi Ketua diraih Dede Yusuf (FPD), wakil ketua Syamsul Bachri (FPG), Pius Lustrilanang (FGerindra), dan Asman Abnur (Fraksi PAN).

Komisi IV, ketua Edi Prabowo (F Gerindra), wakil ketua Siti Hediati Soeharto atau Titiek Soeharto (FPG), Herman Khaeron (Demokrat), dan Viva Yoga Mauladi (PAN).

Komisi X, Ketua Teuku Riefky Harsya (Demokrat), wakil ketua Ridwan Hisjham (FPG), Nuroji (FGerindra), dan Sohibul Iman (FPKS).

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Editor : Saeno
Sumber : Antara
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper