Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Dinas Pertanian Aceh Barat Daya Salurkan 257 Ton Benih Padi

Dinas Pertanian dan Peternakan Kabupaten Aceh Barat Daya (Abdya) menyalurkan 257 ton benih padi kepada petani di sembilan kecamatan. Adapun, penyaluran ini untuk meningkatkan produksi padi Abdya pada musim tanam gadu tahun ini.
Menebar benih padi/Bisnis.com
Menebar benih padi/Bisnis.com

Bisnis.com, BANDA ACEH--Dinas Pertanian dan Peternakan Kabupaten Aceh Barat Daya (Abdya) menyalurkan 257 ton benih padi kepada petani di sembilan kecamatan. Adapun, penyaluran ini untuk meningkatkan produksi padi Abdya pada musim tanam gadu tahun ini.

Bibit padi yang disalurkan merupakan varietas Inpari 16, Cigeulis, Ciherang, dan Mikongga.

Kepala Dinas Pertanian dan Peternakan Abdya Adusmin Umar menuturkan, penyaluran benih tersebut disalurkan kepada 418 kelompok tani.

"Kami akan terus mengawasi proses tanam serentak pasca penyaluran benih. Kami ingin benih unggul benar-benar dapat meningkatkan produksi padi," ujar Adusmin, Rabu (15/10/2014).

Lebih lanjut, Adusmin menjelaskan, selain penyaluran benih, pihaknya juga sedang melakukan penangkaran beberapa benih varietas padi unggulan. Penangkaran dilakukan di area penanaman Sigupai seluas 60 hektare.

"Kami berharap penangkaran ini dapat memenuhi benih padi unggulan sesuai dengan permintaan para petani. Nantinya kami juga akan menempatkan penangkaran di setiap kecamatan," tambahnya.

Hingga akhir tahun ini, Dinas Pertanian Tanaman Pangan Aceh menargetkan produksi padi mencapai 2,2 juta ton atau meningkat 10% dibandingkan dengan tahun lalu 2 juta ton. Kendati begitu, kinerja sektor ini melambat sepanjang semester I/2014.

Faktor terbesar pemicu perlambatan adalah lahan pertanian yang puso akibat kekeringan. Adapun, mulai bulan ini, beberapa kabupaten dan kota di Aceh mulai memasuki masa tanam akibt curah hujan yang cukup tinggi.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Editor : Ismail Fahmi
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper