Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Lama Tak Muncul, Kim Jong Un Kembali Tampakkan Diri

Kim Jong Un tampak mengunjungi sebuah distrik dan universitas baru pada Selasa untuk mengakhiri absen panjang di depan publik yang memicu spekulasi mengenai kesehatan dan status kekuasaannya.
Kim Jong Un/Reuters-KCNA
Kim Jong Un/Reuters-KCNA

Bisnis.com, SEOUL -- Lama tak muncul ke publik, pemimpin Korea Utara Kim Jong Un kembali memperlihatkan "penampakan"-nya.

Kim Jong Un tampak mengunjungi sebuah distrik dan universitas baru pada Selasa untuk mengakhiri absen panjang di depan publik yang memicu spekulasi mengenai kesehatan dan status kekuasaannya, demikian kantor berita KCNA melaporkan.

Laporan mengenai penampilan Kim dimuka umum masih belum bisa diverifikasi karena sampai saat ini belum ada gambar yang membuktikannya.

Kim (31) sebelumnya tidak pernah tampil di depan publik sejak 3 September lalu. Dia bahkan tidak menghadiri upacara ulang tahun partainya pada Jumat lalu dan juga absen dalam sejumlah pertemuan dengan parlemen.

Berita dari KCNA tentang Kim muncul pada Selasa namun media milik negara tersebut tidak merinci pada hari apa Kim melakukan kunjungan publiknya.

KCNA--yang seperti biasanya selalu mencatat aktivitas Kim--menulis bahwa pemimpin Korea Utara itu memberi "pengarahan" bagi penduduk baru "Distrik Pemukiman bagi Ilmuwan Wisong". Dia juga mengunjungi universitas Natural Energy Institute of the State Academy of Science yang baru saja selesai dibangun.

"Para ilmuwan kita adalah pahlawan yang memberikan pengabdian hidup demi pembangunan bangsa yang sejahtera dan kuat," kata Kim sebagaimana dikutip dari KCNA.

Sejumlah pengamat mengatakan bahwa berita KCNA ditulis dengan tujuan untuk membantah spekulasi yang berkembang di luar negeri dan juga untuk meredakan kekhawatiran di kalangan militer dalam negeri--yang pada Jumat lalu sempat beradu tembak dengan Korea Selatan.

"Dia adalah pemimpin militer, dan ada insiden militer beberapa hari lalu," kata An Chan-il, kepala lembaga ahli Korea Utara yang berkantor di Seoul.

"Ada kekhawatiran di dalam tubuh militer Korea Utara yang bisa diredakan oleh kehadiran Kim," kata dia.

Sebelumnya sejumlah pejabat Korea Utara membantah bahwa Kim tidak pernah tampil di depan publik karena kesehatannya.

Selain itu, sumber-sumber dari Amerika Serikat dan Korea Selatan juga mengatakan bahwa tidak ada indikasi yang menunjukkan Kim tengah mengalami krisis politik.

Seorang sumber yang mempunyai akses terhadap pejabat tinggi di Korea Utara mengatakan kepada Reuters bahwa Kim masih berkuasa di negaranya.

Kim tidak bisa tampil di depan publik karena luka kaki pada saat melakukan latihan militer.

Sejak Juli lalu Kim memang selalu nampak berjalan dengan pincang.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : News Editor
Editor : Saeno
Sumber : Antara/Reuters

Topik

Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper