Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

Lama Tak Muncul, Kim Jong Un Kembali Tampakkan Diri

Kim Jong Un tampak mengunjungi sebuah distrik dan universitas baru pada Selasa untuk mengakhiri absen panjang di depan publik yang memicu spekulasi mengenai kesehatan dan status kekuasaannya.
News Editor
News Editor - Bisnis.com 14 Oktober 2014  |  11:10 WIB
Kim Jong Un - Reuters/KCNA
Kim Jong Un - Reuters/KCNA

Bisnis.com, SEOUL -- Lama tak muncul ke publik, pemimpin Korea Utara Kim Jong Un kembali memperlihatkan "penampakan"-nya.

Kim Jong Un tampak mengunjungi sebuah distrik dan universitas baru pada Selasa untuk mengakhiri absen panjang di depan publik yang memicu spekulasi mengenai kesehatan dan status kekuasaannya, demikian kantor berita KCNA melaporkan.

Laporan mengenai penampilan Kim dimuka umum masih belum bisa diverifikasi karena sampai saat ini belum ada gambar yang membuktikannya.

Kim (31) sebelumnya tidak pernah tampil di depan publik sejak 3 September lalu. Dia bahkan tidak menghadiri upacara ulang tahun partainya pada Jumat lalu dan juga absen dalam sejumlah pertemuan dengan parlemen.

Berita dari KCNA tentang Kim muncul pada Selasa namun media milik negara tersebut tidak merinci pada hari apa Kim melakukan kunjungan publiknya.

KCNA--yang seperti biasanya selalu mencatat aktivitas Kim--menulis bahwa pemimpin Korea Utara itu memberi "pengarahan" bagi penduduk baru "Distrik Pemukiman bagi Ilmuwan Wisong". Dia juga mengunjungi universitas Natural Energy Institute of the State Academy of Science yang baru saja selesai dibangun.

"Para ilmuwan kita adalah pahlawan yang memberikan pengabdian hidup demi pembangunan bangsa yang sejahtera dan kuat," kata Kim sebagaimana dikutip dari KCNA.

Sejumlah pengamat mengatakan bahwa berita KCNA ditulis dengan tujuan untuk membantah spekulasi yang berkembang di luar negeri dan juga untuk meredakan kekhawatiran di kalangan militer dalam negeri--yang pada Jumat lalu sempat beradu tembak dengan Korea Selatan.

"Dia adalah pemimpin militer, dan ada insiden militer beberapa hari lalu," kata An Chan-il, kepala lembaga ahli Korea Utara yang berkantor di Seoul.

"Ada kekhawatiran di dalam tubuh militer Korea Utara yang bisa diredakan oleh kehadiran Kim," kata dia.

Sebelumnya sejumlah pejabat Korea Utara membantah bahwa Kim tidak pernah tampil di depan publik karena kesehatannya.

Selain itu, sumber-sumber dari Amerika Serikat dan Korea Selatan juga mengatakan bahwa tidak ada indikasi yang menunjukkan Kim tengah mengalami krisis politik.

Seorang sumber yang mempunyai akses terhadap pejabat tinggi di Korea Utara mengatakan kepada Reuters bahwa Kim masih berkuasa di negaranya.

Kim tidak bisa tampil di depan publik karena luka kaki pada saat melakukan latihan militer.

Sejak Juli lalu Kim memang selalu nampak berjalan dengan pincang.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

kim jong un

Sumber : Antara/Reuters

Editor : Saeno

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

To top