Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

POTENSI BISNIS Penggemukan Sapi di Cirebon Belum Tergali

Potensi usaha penggemukan sapi di Kabupaten Cirebon, Jawa Barat, masih belum tergali, padahal usaha itu dapat membantu untuk meningkatkan daya saing peternak lokal.
Ilustrasi/Antara
Ilustrasi/Antara

Bisnis.com, CIREBON - Potensi usaha penggemukan sapi di Kabupaten Cirebon, Jawa Barat, masih belum tergali, padahal usaha itu dapat membantu untuk meningkatkan daya saing peternak lokal.

Kepala Bidang Peternakan Dinas Perteanian, Perkebunan, Peternakan dan Kehutuhan Kabupaten Cirebon, Saiduna mengatakan populasi sapi di Kabupaten Cirebon masih rendah hanya 3.000 ekor, sedangkan kebutuhan cukup tinggi untuk satu hari bisa empat sapi yang harus dipotong, hal itu akan menguntungkan bagi peternak karena mereka mudah memasarkan hasil ternaknya.

Kabupaten Cirebon merupakan sentra penghasil beras di Jawa Barat, jerami sisa panen bisa dimanfaatkan sebagai pakan utama penggemukan sapi, murah dan mudah mendapatkannya, tetapi minat serta keinginan masyarakat setempat kembangkan sapi harus didorong, katanya di Cirebon, Sabtu (11/10/2014).

Ternak sapi di Kabupaten Cirebon masih kurang diminati, kata dia, padahal sangat menguntungkan dibandingkan pelihara kambing, ayam, bebek, karena nilai jualnya cukup tinggi ditunjang kebutuhan daging belum terpenuhi.

Asnawi, peternak penggemukan sapi di Cirebon, mengaku budidaya sapi di Kabupaten Cirebon masih kurang diminati masyarakat setempat, padahal potensial karena banyak pakan tambahan dan memanfaatkan sisa panen padi.

Cirebon cocok dan potensial kembangkan sapi, kata dia, peluang pasar masih terbuka karena pasar masih kekurangan pasokan sapi lokal, selama ini terpaksa didatangkan dari Jawa Tengah, Jawa Timur dan Bali.

Peternak sapi di Pantura Kabupaten Cirebon, Jawa Barat, mengaku kesulitan penuhi pesanan hewan kurban akibat permintaan tinggi sedangkan produksi terbatas.

Yanto, peternak penggemukan sapi lain, menjelaskan peternak penggemukan sapi kesulitan penuhi pesanan hewan kurban karena persediaan mereka terbatas sedangkan permintaan tinggi.

Tingginya permintaan sapi baik untuk konsumsi, dan kebutuhan hewan kurban di Kabupaten Cirebon itu merupakan kesempatan masyarakat setempat mengembangkan usaha penggemukan.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : News Editor
Editor : Fatkhul Maskur
Sumber : Antara

Topik

Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper