Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Politik Dinamis, Koalisi Indonesia Hebat Diminta Terus Jalin Komunikasi Antarparpol

Koalisi Indonesia Hebat (KIH) diingatkan agar intens berkonsolidasi antarpartai politik dan saling melibatkan sebelum mengambil sebuah kebijakan.
Ilustrasi/Bisnis.com
Ilustrasi/Bisnis.com

Bisnis.com, JAKARTA - Koalisi Indonesia Hebat (KIH) diingatkan agar intens berkonsolidasi antarpartai politik dan saling melibatkan sebelum mengambil sebuah kebijakan.

Tujuannya demi menjaga soliditas dalam mengawal agenda-agenda pemerintah selama 5 tahun ke depan.

Pengamat dari Nusantara Institute Pangi Syarwi Chaniago mengatakan belajar dari ketidaksolidan yang tercermin dari sikap PPP pada pemilihan MPR beberapa waktu lalu, sebenarnya KIH dapat menebak bahwa apa yang terjadi karena adanya ketidakadilan sharing power pada komposisi pimpinan MPR.

"Politik dinamis. Perubahannya ekstrim seperti juga PKS dan Golkar saat berkoalisi dengan Demokrat, tapi untuk agenda tertentu tidak mendukung kebijakan pemerintah," ujarnya, Sabtu (11/10/2014).

Memang agak sulit, imbuhnya, untuk membagi rata-rata kekuasan. Namun, kondisi demikian juga dapat dipicu dari kurangnya konsolidasi dan tidak adanya pelibatan seluruh partai dalam mengambil sebuah kebijakan.

Untuk itu, dia mengingatkan, agar para petinggi partai yang tergabung dalam KIH perlu melakukan konsolidasi secara intens dan pelibatan bersama sebelum mengambil sebuah kebijakan. Dengan demikian, suara yang keluar dari partai koalisi pendukun pemerintah akan solid.

"Pelru ada pelibatan bersama. Jangan sampai dilibatkan pas akhir nanti partai merasa disakiti."

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Muhamad Hilman
Editor : Sepudin Zuhri
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper