INFLASI SEPTEMBER: Capai 0,5%, Balikpapan Duduki Peringkat 3 di Kalimantan

Angka inflasi Balikpapan pada September sebesar 0,51%, menduduki peringkat ketiga tertinggi di Pulau Kalimantan.
Nadya Kurnia
Nadya Kurnia - Bisnis.com 02 Oktober 2014  |  15:06 WIB
INFLASI SEPTEMBER: Capai 0,5%, Balikpapan Duduki Peringkat 3 di Kalimantan
Pintu gerbang kota Balikpapan - JIBI

Bisnis.com, BALIKPAPAN—Angka inflasi Balikpapan pada September sebesar 0,51%, menduduki peringkat ketiga tertinggi di Pulau Kalimantan.

Posisi pertama adalah Kabupaten Tarakan dengan inflasi 0,71% dan Kabupaten Singkawang menduduki posisi kedua dengan angka 0,62%.
 
Berdasarkan data inflasi yang dirilis oleh Badan Pusat Statistik Balikpapan, inflasi di Balikpapan paling banyak dipengaruhi oleh kelompok perumahan, air, listrik, gas dan bahan bakar dengan andil 0,27% terhadap inflasi keseluruhan.
 
“Selain itu dari bahan makanan juga memberi andil. Kelompok pendidikan, rekreasi, dan olahraga juga memberi andil. Biaya SPP dan biaya lain-lain juga naik,” tutur Nur Wahid, Kepala BPS Balikpapan, Kamis (2/10/2014).
 
Dalam data inflasi BPS, kelompok bahan makanan mengalami inflasi sebesar 0,46%, memberikan andil sebesar 0,10 terhadap inflasi keseluruhan. Sementara kelompok pendidikan, rekreasi, dan olahraga mengalami kenaikan indeks harga sebesar 1,94%, memberikan andil sebesar 0,14% terhadap inflasi keseluruhan.
 
 Sementara itu, kelompok sandang membantu menahan laju inflasi di Balikpapan secara agregat dengan penurunan indeks harga sebesar 0,18% dan memberikan andil -0,01 atas laju inflasi Balikpapan.
 
“Itu karena harga emas kan sedang turun, emas termasuk dalam subkelompok barang pribadi dan sandang lainnya. Itu yang memberi andil menahan laju inflasi,” tukasnya Nur.

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :
balikpapan

Editor : Ismail Fahmi

Berita Terkait



Berita Terkini Lainnya



Top
Tutup