INFO HAJI: Jamaah Indonesia ke Arafah Dalam 3 Gelombang

Jamaah haji dari seluruh dunia sepanjang hari ini terus bergerak ke Arafah untuk melaksanakan wukuf yang jatuh pada besok Jumat, 3 Oktober 2014.
Rustam Agus | 02 Oktober 2014 17:40 WIB

Bisnis.com, MEKKAH--Jamaah haji dari seluruh dunia sepanjang hari ini terus bergerak ke Arafah untuk melaksanakan wukuf yang jatuh pada besok Jumat, 3 Oktober 2014.

Termasuk  pergerakan 168.000 jamaah haji Indonesia yang terbagi dalam tiga gelombang, tulis laman Kementerian Agama, Kamis (2/10/2014).

Para jamaah haji sudah mulai meninggalkan penginapan mereka sejak Kamis (2/10) pagi bahkan usai subuh dengan menggunakan bus-bus yang telah disiapkan oleh pemerintah Arab Saudi sehingga menyebabkan pergerakan lalu lintas menuju Padang Arafah menjadi agak padat.

Keberangkatan jamaah haji reguler Indonesia yang mencapai 154.467 orang menuju Arafah dibagi tiga gelombang. Pertama 08.00-12.00 waktu setempat, kedua 12.00-18.00, dan ketiga 18.00 hingga selesai.  Jarak antara Masjidil Haram di Makkah dengan Arafah sekitar 21,4 km.

Sementara jamaah haji yang melakukan tarwiyah atau menginap terlebih dahulu di Mina sebelum ke Arafah banyak yang berjalan kaki seperti yang terlihat di Jalan King Fahd, depan Kantor Urusan Haji Indonesia Daerah Kerja Makkah. Jalan King Fahd ini memang menuju Mina.

“Hari ini ke Mina, besok kami baru ke Arafah untuk wukuf,” ujar salah seorang jamaah yang ditemui.

Sejumlah ruas jalan yang menuju Mina diberlakukan satu arah dan dikhususkan bagi jemaah yang bergerak ke Mina untuk melakukan Tarwiyah.

Para jamaah, termasuk jamaah Indonesia, berangkat lebih awal sebagai persiapan dan demi menjaga kelancaran dan kemaslahatan jamaah, mengingat jumlah jamaah haji yang sangat besar.

Dari pantauan,  terowongan King Fahd yang  tidak jauh dari kantor Misi Haji Indonesia sebagai salah satu akses ke Mina tampak dijaga oleh petugas keamanan Arab Saudi.

Kendaraan yang tidak mempunyai tanda khusus diminta untuk berbalik arah. Hanya kendaraan yang bertanda khusus dan jamaah yang berjalan kaki boleh lewat.

Jarak antara terowangan King Fahd yang berada di depan Kantor Daker ke Mina sekitar satu hingga tiga kilometer (tergantung Mina bagian mana).

Wukuf sendiri akan dilakukan besok  hari atau hari kesembilan Dzulhijah (yang tahun ini jatuh pada Jumat, 3 Oktober) dimulai sholat zuhur hingga tenggelamnya matahari.

Momentum wukuf di Arafah, kegiatan jamaah haji difokuskan membaca membaca Al-Quran, brdzikir, istighfar dan berdoa kepada Allah SWT.

Disarankan selama wukuf, jemaah agar menanggalkan aktivitas keduniawian semisal menggunakan perangkan handphone dan media sosial lainnya.

Tag : arafah, info haji
Editor : Rustam Agus

Berita Terkait



Berita Terkini Lainnya



Top