Pegiat Kesehatan Serukan Berantas Korupsi

International Pharmaceutical Manufacturers Group (IPMG) berkomitmen menjalin kerja sama dengan para pemangku kepentingan utama dalam sektor kesehatan untuk mendukung usaha pemerintah dalam memberantas korupsi, terutama dalam sektor kesehatan.
David Eka Issetiabudi | 02 Oktober 2014 01:38 WIB
Ilustrasi - Antara

Bisnis.com, JAKARTA— International Pharmaceutical Manufacturers Group (IPMG) berkomitmen menjalin kerja sama dengan para pemangku kepentingan utama dalam sektor kesehatan untuk mendukung usaha pemerintah dalam memberantas korupsi, terutama dalam sektor kesehatan.

Kerja sama yang melibatkan Ikatan Dokter Indonesia (IDI), Perhimpunan Rumah Sakit Indonesia (PERSI) dan Gabungan Perusahaan Farmasi Indonesia (GPFarmasi), bertujuan untuk menciptakan praktik pemasaran beretika yang diharapkan dapat meningkatkan layanan kesehatan yang bermanfaat bagi masyarakat. 

Komitmen kerjasama ini digagas menindaklanjuti penandatanganan komitmen pemberantasan korupsi antara Kementerian Kesehatan (Kemenkes) dan Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) sesuai dengan Peraturan Kemenkes No. 14/2014 yang mengatur tentang gratifikasi, pembentukan Unit Pengendalian Gratifikasi (UPG) dan mekanisme pelaporan gratifikasi yang melibatkan pegawai negeri di lingkup Kementerian Kesehatan. 

Luthfi Mardiansyah, Ketua IPMG, mengatakan melihat pentingnya peran aktif kalangan pelaku bisnis dalam memberantas korupsi dan mendorong praktik pemasaran yang beretika demi masyarakat sebagai pasien.

“IPMG juga menyambut baik keputusan Kementerian Kesehatan dalam menerbitkan Permenkes No. 14/2014 untuk memberantas gratifikasi. Beleid ini perlu disosialisasikan kepada para pemangku kepentingan terkait yang sejalan dengan komitmen seluruh anggota IPMG untuk selalu menaati kode etik praktik pemasaran serta menaati peraturan yang berlaku.” Tuturnya, dalam siaran pers yang diterima Bisnis.com, Rabu (1/10).

Dengan membangun dan mendukung sebuah standar pedoman praktik (code of conduct) yang harus dipatuhi oleh perusahaan-perusahaan dan juga memfasilitasi penyebaran informasi tentang pengalaman, serta best practice s anti korupsi.

IPMG sebagai mitra strategis pemerintah, meyakini bahwa hal ini akan mendorong terciptanya  layanan kesehatan yang lebih baik dan profesional yang bermanfaat bagi seluruh rakyat sebagai pasien.

“Kolaborasi yang efektif antara sektor pemerintah dan swasta merupakan faktor keberhasilan kita di masa mendatang,” tambah Luthfi. 

Tag : farmasi, gratifikasi
Editor : Nurbaiti

Berita Terkait



Berita Terkini Lainnya



Top