Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

AGUNG LAKSONO: Penyakit Bersumber dari Hewan (Zoonosis) Terus Turun

Tingkat kejadian dan fatalitas zoonosis (penyakit bersumber hewan) terus menurun, bahkan beberapa provinsi telah dinyatakan bebas brucellosis (penyakit zoonosis dari bakteri brucella).
Ilustrasi/Antara
Ilustrasi/Antara

Bisnis.com, JAKARTA - Tingkat kejadian dan fatalitas zoonosis (penyakit bersumber hewan) terus menurun, bahkan beberapa provinsi telah dinyatakan bebas brucellosis (penyakit zoonosis dari bakteri brucella).

"Berita ini memberi harapan bahwa program swasembada daging dapat diwujudkan. Dan akhirnya akan meningkatkan kesejahteraan peternak," kata Menko Kesra Agung Laksono usai membuka Rakornas Komisi Nasional Pengendalian Zoonosis (KNPZ), Rabu (1/1/2014).

Agung yang juga Ketua KNPZ, menjelaskan brucellosis adalah satu zoonosis yang menjadi perhatian KNPZ, selain rabies, flu burung, antrhrax, dan leptospirosis.

Zoonosis merupakan suatu penyakit atau infeksi yang secara alami ditularkan dari hewan ke manusia, atau sebaliknya.

Dia menuturkan saat ini masyarakat dunia menghadapi peningkatan ancaman yang belum banyak disadari. Yaitu emerging infectious diseases, dimana 70% diantaranya bersifat zoonosis, sebagai akibat kerusakan lingkungan dan perubahan ekosistem, globalisasi perdagangan, pemanasan global, dan urbanisasi.

"Kita perlu mengingat dan mengambil pelajaran bahwa pada 2004, masyarakat dan industri perunggasan Indonesia menghadapi ancaman flu burung H5N1, dan pada 2009 kita menghadapi pandemi flu A-H1N1," katanya.

Jadi, lanjutnya, Indonesia tetap harus waspada terhadap ancaman zoonosis.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Rahmayulis Saleh
Editor : Sepudin Zuhri

Topik

Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper