Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

MDG's AWARD: 13 Kepala Daerah Raih Pengharagaan di Bidang Kematian Ibu Melahirkan

Sebanyak 13 kepala daerah berhasil memenangi MDG's Award Target 5B (tingkat kematian ibu melahirkan) yang digagas oleh Badan Kependudukan dan Keluarga Berencana Nasional.
Ilustrasi/Bisnis.com
Ilustrasi/Bisnis.com

Bisnis.com, JAKARTA - Sebanyak 13 kepala daerah berhasil memenangi MDG's Award Target 5B (tingkat kematian ibu melahirkan) yang digagas oleh Badan Kependudukan dan Keluarga Berencana Nasional.

Selain dinilai berhasil menurunkan angka kematian ibu melahirkan, ketiga belas kepala daerah ini dinilai memberikan perhatian khusus kepada kesehatan ibu dan anak, dengan berbagai kegiatan dan fasilitas.

Abidinsyah Siregar, Deputi Bidang Advokasi Penggerakan dan Informasi BKKBN, proses penilaian terhadap daerah dilaksanakan sejak Maret-Oktober 2013. Penentuan pemenang MDG's dilaksanakan di Kantor BKKBN.

Dia menuturkan katagori peniaian pemenang didasarkan pada bobot kualitatif dan kuantitatif.

"Bobot kuantitatif penilaian berdasarkan perencanaan, regulasi dan dukungan pemerintah setempat terhadap upaya menurunkan angka kematian ibu melahirkan," ujarnya di Jakarta, Selasa (30/9/2014).

Ketiga belas kepala daerah yang mendapatkan penghargaan tersebut adalah Kepala Daerah Provinsi Bali, DI Yogyakarta, Jawa Timur, Sulawesi Tenggara, dan Papua Barat

Untuk kepala daerah kabupaten adalah Ponorogo, Lombok Barat, Kapuas, dan Halmahera. Sedangkan kepala daerah kota adalah Magelang, Kotamobagu, Bandung, dan Palangkaraya

Abidinsyah menuturkan Penilaian ini melibatkan tiga kementerian, yakni Kemenko Kesra, Kementerian Kesehatan dan Bappenas.

"Ajang ini dilaksanakan sebagai bentuk komitmen pemerintah dan BKKBN memenuhi target penurunan angka kematian ibu melahirkan. Ini bukan ajang gagah-gagahan, tapi tugas utama BKKBN sebagaimana anamat Bappenas," ungkapnya.

Dia mengatakan Perserikatan Bangsa-bangsa (PBB) berkomitmen untuk menurunkan tingkat kematian ibu dan bayi di dunia. Komitmen itu dicanangkan melalui program Millenium Development Goals (MDG’s) poin 5 B. Yaitu mencapai dan menyediakan akses kesehatan reproduksi untuk semua di tahun 2015.

Caranya dengan memenuhi kebutuhan penggunaan alat kontrasepsi atau ber-KB. Bagi PBB, tingkat kesehatan ibu dan bayi menjadi tolak ukur kemajuan suatu negara.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Rahmayulis Saleh
Editor : Sepudin Zuhri

Topik

Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper