Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Tingkatkan Populasi Sapi, Aceh Besar Tetapkan Sentra Peternakan

Pemerintah Kabupaten Aceh Besar menetapkan enam pusat peternakan di enam kecamatan untuk meningkatkan jumlah populasi ternak. Keenam pusat peternakan tersebut berada di Lembah Seulawah, Seulimeum, Jantho, Indrapuri, Kuta Malaka dan Lhoknga.
Ilustrasi/Antara
Ilustrasi/Antara

Bisnis.com, BANDA ACEH - Pemerintah Kabupaten Aceh Besar menetapkan enam pusat peternakan di enam kecamatan untuk meningkatkan jumlah populasi ternak. Keenam pusat peternakan tersebut berada di Lembah Seulawah, Seulimeum, Jantho, Indrapuri, Kuta Malaka dan Lhoknga.

Kepala Dinas Peternakan Aceh Besar Ahmad Tarmizi menyebutkan peternakan telah ditetapkan menjadi sektor prioritas pada tahun depan. Adapun, pada 18-21 September 2014, Aceh Besar keluar sebagai Juara Umum Expo Ternak se-Aceh.

"Kami merencakan menempatkan 150 ekor sapi betina di masing-masing kecamatan yang akan dikembangkan kelompok peternak. Sapi Aceh saat ini memiliki kualitas bagus. Kami sudah mengirimkan sapi pejantan ke pengembangan sapi nasional di Lembang, Jawa Barat untuk menjadi bibit," ujar Ahmad, Minggu (28/9/2014).

Lebih lanjut, penetapan keenam kecataman tersebut ditujukan untuk mencapai target populasi 260.000 ekor sapi pada 2017 Adapun, Ahmad memerinci pada semester I/2014 Aceh besar memiliki populasi sapi 108.500 ekor.

"Kami telah memulai peningkatan populasi sapi sejak tahun lalu. Pada Mei 2013, populasi hanya 69.000 ekor sapi, dan pada akhir tahun lalu kami berhasil mencapai populasi 79.000 sapi. Kami akan terus meningkatkan populasi dan produktivitas di sektor peternakan," pungkas Ahmad.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Editor : Fatkhul Maskur

Topik

Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper