Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Taman Mini Indonesia Indah: Lima Agenda Kedaerahan Digelar Akhir Pekan Ini

Sebagai sebuah anjungan kebudayaan Indonesia, Taman Mini Indonesia Indah menjadi salah satu lokasi yang dimanfaatkan pemerintah daerah untuk menggelar acara yang mencerminkan kekhasan budayanya masing-masing. Tercatat ada lima agenda kedaerahan yang digelar di Taman Mini Indonesia Indah pada akhir pekan ini.
TMII Gelar Lima Agenda Kedaerahan/Bisnis.com
TMII Gelar Lima Agenda Kedaerahan/Bisnis.com

Bisnis.com, JAKARTA--Sebagai sebuah anjungan kebudayaan Indonesia, Taman Mini Indonesia Indah menjadi salah satu lokasi yang dimanfaatkan pemerintah daerah untuk menggelar acara yang mencerminkan kekhasan budayanya masing-masing.

Seperti pada akhir pekan ini, tercatat sedikitnya ada lima agenda kedaerahan yang digelar pada taman wisata bertema budaya seluas 150 hektare tersebut. Dimulai dari Gelar Budaya Melayu Provinsi Kepulauan Riau pada Sabtu (27/9) mulai pukul 09.00 WIB di Anjungan Kepulauan Riau. Rencananya, dalam gelarn ini akan dihelat Pentas Drama Musikal Lembayung.

Selanjutnya, di hari yang sama, digelar pula Explore Exotica of Borneo yang merupakan kerja sama dari Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Provinsi Kalimantan Selatan, Kalimantan Barat, Kalimantan Timur dan Kalimantan Tengah. Dalam pameran ini akan ditampilkan produk kerajinan khas se-Kalimantan, gelar tari dan lagu daerah se-Kalimantan, atraksi budaya, peragaan budaya daerah dan kuliner khas daerah se-Kalimantan.

Selain dua acara tersebut, masih ada pergelaran paket acara khusus Pesona Budaya Jawa Timur Duta Seni Kabupaten Blitar yang dihelat di anjungan Jawa Timur. Dalam acara ini akan ditampilkan tari daerah dan drama tari dengan cerita Lembu Sora. Acara ini dimulai pada pukul 10.00 WIB.

Kemudian pada Minggu (28/9), acara Gelar Seni Budaya Yogyakarta ke-14 digelar di anjungan Daerah Istimewa Yogyakarta. Acara yang digelar dari kerja sama Kantor Perwakilan Daerah Istimewa Yogyakarta dan Panitia Yayasan Guntur Madu, Trah Pakualaman Hudyana dan Paguyuban Masyarakat Yogyakarta di Jakarta ini dalam rangka memperingati Hadeging Nagari Ngayogyakarta Hadiningrat ke-267. Beberapa acara yang akan digelar seperti Ketoprak Mataram, Sarasehan Budaya, dan Pagelaran Kesenian.

Sementara di anjungan DKI Jakarta juga ditampilkan pergelaran kesenian Tanjidor oleh Grup Putra Mayangsari.

Masih adapula agenda kebudayaan lain yang digelar pada Minggu (28/9) selain yang bertemakan kesenian daerah tertentu seperti Pentas Dua Masa yang digelar pukul 13.00 WIB - 17.00 WIB dengan mengambil tempat di Panggung Walls kawasan parkir selatan TMII, Gelar Prestasi Anak Bangsa yang berlangsung pukul 11.00 WIB - 16.00 WIB di Panggung Foodcourt sebelah barat Museum Fauna Indonesia Komodo, Folklore yang mengambil tempat di kawasan parkir utara dan parkir selatan TMII pada pukul 17.00 WIB - 20.30 WIB, dan Pentas Mozaik Budaya Bali Dwipa yang mengambil tempat di Panggung Candi Bentar kawasan parkir selatan TMII pada pukul 18.30 WIB - 20.00 WIB.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper