Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

GUNUNG LOKON MELETUS: Status Siaga, Warga Diminta Waspada

Pemerintah Provinsi (Pemprov) Sulawesi Utara (Sulut) meminta masyarakat untuk tetap waspada seiring dengan meletusnya Gunung Lokon yang berlokasi di Kota Tomohon.
Gunung Lokon/JIBI
Gunung Lokon/JIBI

Bisnis.com, MANADO — Pemerintah Provinsi (Pemprov) Sulawesi Utara (Sulut) meminta masyarakat untuk tetap waspada seiring dengan meletusnya Gunung Lokon yang berlokasi di Kota Tomohon.

“Kami mengimbau warga yang berada di sekitar Gunung Lokon untuk tetap waspada,” kata Gubernur Sulut Sinyo Harry Sarundajang seperti dikutip dari situs resmi Pemprov Sulut, Minggu (14/9/2014).

Menurutnya, masyarakat juga dilarang melakukan aktivitas, terutama para pecinta alam yang ingin mendaki gunung tersebut karena statusnya hingga kini masih berada di level III.

Selain itu, masyarakat yang melakukan aktivitas di luar rumah diharapkan supaya menggunakan masker.

Sebelumnya diberitakan, Gunung Lokon, yang merupakan gunung berapi teraktif di Sulawesi Utara (Sulut), sejak Sabtu dini hari (13/9/2014) meletus sebanyak tiga kali yaitu pukul 03.00 Wita, 11.46 Wita, dan 16.00 Wita.

Walaupun erupsi kali ini tidak membuat masyarakat sampai mengungsi, Pemprov Sulut langsung mengambil langkah antisipatif terhadap warga yang terkena debu vulkanik.

Dinas Kesehatan Sulut telah menyebarkan 7.000 masker secara gratis sejak Sabtu pagi (13/9/2014). Ke-7.000 masker itu disebar ke wilayah-wilayah yang terkena lontaran debu vulkanik, seperti Desa Sea, Perumahan Cehate, dan Perumahan Wen-Win, termasuk sekolah dan warga penduduk lainnya.

Selain itu, bantuan masker ini juga telah diberikan kepada warga Minanga dan sebagian wilayah Tomohon dan Minahasa.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Herdiyan

Topik

Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper