Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

HAJI 2014: Menag Lepas 448 Jamaah Calhaj Asal Jakarta dan Bekasi

Menteri Agama Lukman Hakim Saifuddin melepas keberangkatan 448 jamaah calon haji dan lima petugas kelompok terbang (Kloter) pertama calon haji asal Jakarta dan Bekasi di Asrama haji Pondok Gede, Jakarta Timur, Senin (1/9/2014) pagi pukul 05.20 WIB.
 Ilustrasi
Ilustrasi

Bisnis.com, JAKARTA - Menteri Agama Lukman Hakim Saifuddin melepas keberangkatan 448 jamaah calon haji dan lima petugas kelompok terbang (Kloter) pertama calon haji asal Jakarta dan Bekasi di  Asrama haji Pondok Gede, Jakarta Timur, Senin (1/9/2014) pagi pukul 05.20 WIB.

Jamaah calon haji ini dijadwalkan tiba di Arab Saudi Senin siang.

Jamaah calon haji Indonesia kloter pertama berangkat secara serentak dari Jakarta, Medan (Sumatra Utara), Batam (Kepulauan Riau), Padang (Sumatra Barat), Solo (Jawa Tengah), Surabaya (Jawa Timur), Makassar (Sulawesi Selatan), dan Lombok (Nusa Tenggara Barat).

Menteri Agama (Menag) Lukman Hakim Saifuddin mengatakan mereka tinggal di Tanah Suci selama 39 hari. Sementara itu, pemberangkatan jamaah calon haji yang terakhir akan dilakukan pada 28 September.

Jadwal itu, kata Menag, sesuai dengan ketentuan pemerintahan Arab Saudi, mengingat pelaksanaan wukuf dilakukan pada 3 Oktober 2014.

Jumlah masa tinggal untuk penyelenggaraan haji tahun ini lebih singkat dibandingkan dengan tahun-tahun lalu yaitu 41 hari karena ada pengurangan jumlah kloter.

Tahun lalu, jumlah kloternya sebanyak 385, tetapi pada tahun ini, jumlahnya berkurang menjadi 371 kloter.

Pengurangan jumlah kloter dikarenakan pesawat di tiga embarkasi haji diganti dari tipe Airbus menjadi Boeing. Ketiga embarkasi tersebut adalah Padang, Makassar, dan Palembang.

Ketiganya, kini memiliki satu pesawat Boeing seri 747 dengan kapasitas tempat duduk sebanyak 455 kursi. Tadinya jamaah calon haji yang berangkat dari tiga embarkasi tersebut menggunakan pesawat Airbus seri 330.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Nurbaiti
Editor : Nurbaiti
Sumber : setkab.go.id
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper