Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

PERINGATAN HUT KEMERDEKAAN: Pelajar Sekolah Indonesia Kibarkan Merah Putih di Belanda

Pelajar Sekolah Indonesia Nederland (SIN) yang tergabung dalam Pasukan Pengibar Bendera (Paskibra) akan mengibarkan Bendera Merah Putih pada peringatan Hari Kemerdekaan Indonesia ke-69 yang diselenggarakan Kedutaan Besar Republik Indonesia di Den Haag, Belanda.

Bisnis.com, DEN HAAG - Pelajar Sekolah Indonesia Nederland (SIN) yang tergabung dalam Pasukan Pengibar Bendera (Paskibra) akan mengibarkan Bendera Merah Putih pada peringatan Hari Kemerdekaan Indonesia ke-69 yang diselenggarakan Kedutaan Besar Republik Indonesia di Den Haag, Belanda.

Tiga belas siswa skolah menengah itu telah dikukuhkan Duta Besar Republik Indonesia untuk Kerajaan Belanda Retno L.P Marsudi pada Jumat (15/8) dalam upacara pengukuhan Paskibra.

Pasukan Pengibar Bendera dari KBRI Den Haag terdiri atas lima siswa sekolah menengah pertama kelas IX dan delapan siswa sekolah menengah atas kelas XI dan XII.

Mereka adalah Aurelie Britney (14), Kirana Pitaloka (14), Kitana Pires (15), Nadia Delfi Zafira (13) serta Nastiti Ayu Sayekti (14).

Sementara siswa sekolah menengah atas terdiri dari Abi Asari (16), Ahmad Ghifari (15), Annisa Fadhilah Husna (17), Anwar Permana (16), Fadhila Rosmasari (16), Hagar Masae (17), Radika Febriano (16), dan Roichan Fernandes (16).

"Saya sangat bangga bisa menjadi anggota Paskibra, apalagi upacara pengibaran bendera Merah Putih dilaksanakan di Belanda," kata Radika yang mendapat tugas sebagai pengibar bendera bersama Abi As'ari dan Aurelie Briteney.

Kebanggaan juga dirasakan oleh Nadia Delfi Zafira yang menyatakan rasa syukurnya karena terpilih sebagai anggota Paskibra di Belanda.

Menurut mereka, latihan yang dijalankan Paskibra cukup berat dan panjang yakni sepanjang Juni dan dimulai lagi pada awal Agustus hingga tiga hari menjelang peringatan 17 Agustus. Para anggota Paskibra dilatih oleh Atase Pertahanan Kedutaan Besar Indonesia di Den Haag.

Upacara pengukuhan Paskibra diantaranya dilakukan dengan prosesi mencium bendera Merah Putih, pembacaan sumpah Paskibra serta penyematan lencana Paskibra oleh duta besar.

Sebagian besar siswa SIN telah lebih dari dua tahun tinggal di Belanda mengikuti orang tua mereka. Walaupun telah cukup lama tinggal di negara yang lebih maju dari Indonesia, perasaan rindu akan tanah air tak bisa dielakan.

"Rindu sekali dengan Indonesia. Makanya saya harus menyelesaikan studi saya di sini supaya nanti bisa membawa sesuatu untuk Indonesia," kata Nadia.(ant/yus)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : News Editor
Editor : Yusran Yunus
Sumber : Newswire

Topik

Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper