Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

MUDIK LEBARAN 2014: Basarnas Siaga 24 Jam

Badan Search and Rescue Nasional siaga 24 jam selama masa Angkutan Idulfitri2014 (7-H+7) untuk mengatasi berbagai kendala yang mungkin terjadi.
Ilustrasi
Ilustrasi

Bisnis.com, JAKARTA -- Badan Search and Rescue Nasional (BASARNAS) siaga 24 jam selama masa Angkutan Idulfitri 2014 (7-H+7) untuk mengatasi berbagai kendala yang mungkin terjadi.

Selama masa siaga 24 jam itu, BASARNAS mengerahkan 1.682 personil dan berbagai sarana yang dimiliki.

Kepala BASARNAS Marsekal Madya FH Bambang Soelistyo usai apel siaga di kantor Basarnas Jakarta, Rabu (23/7), mengungkapkan pihaknya terlibat dalam kegiatan siaga mudik lebaran 2014 secara nasional di bawah koordinasi Kementerian Perhubungan.

"Kita siaga 24 jam, meskipun selama masa angkutan lebaran baik di kantor pusat maupun 33 kantor SAR daerah serta. 57 pos SAR daerah dengan kendali operasi di Posko kantor pusat IDMCC," ujarnya.

Ia menjelaskan, pola operasi Basarnas tidak berubah, namun yang ditingkatkan adalah siaga harian di pos -pos SAR.

Selama angkutan lebaran, setiap hari ada tiga tim selama 24 jam bergantian untuk antisipasi jika terjadi kecelakaan.

"Di kantor SAR sendiri ada 3 tim siaga yang akan diterjunkan di tempat- tempat kejadian. Kita juga siapkan 50 personel untuk dikirim ke daerah operasi," jelas Sulistiyo.

Di tempat sama Kepala Humas BASARNAS Sumpeno Yuwono menambahkan, melihat kondisi cuaca yang tidak menentu pihaknya menfokuskan pada wilayah perairan, penyeberangan, sungai dan danau dengan menyiapkan 47 unit kapal.

"Fokus kami adalah penyeberangan Merak-Bakaheuni, Ketapang-Gilimanuk, lintas jalur utara dan selatan Jawa, perairan timur Sumatera Utara dan sejumlah pusat rekreasi," terangnya.

BASARNAS juga menyiapkan tiga unit helikopter untuk memantau melalui udara, kapal boat untuk penanganan sungai serta rigid inflatable boat.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Editor : Saeno
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper