Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

IBADAH HAJI: Badan Pengelola Keuangan Haji Masih Digodok

RUU Badan Pengelola Keuangan Haji hingga kini masih dibahas yang nantinya secara mandiri akan mengelola dana setoran haji.

Bisnis.com, JAKARTA--RUU Badan Pengelola Keuangan Haji hingga kini masih dibahas yang nantinya secara mandiri akan mengelola dana setoran haji.

Menteri Agama Lukman Hakim Saifuddin mengatakan meski itu bukan uang negara tetapi masuk dalam kategori keuangan Negara.

"Oleh karenanya segala pentasarufannya, penggunaanya, pemanfaatanya,  harus tunduk dengan peraturan Negara,” ujarnya seperti dikutip laman Kementerian Agama, Jumat (11/7/2014).

Secara pribadi selaku menteri Agama berharap masing-masing jamaah nantinya mempunyai rekeningnya sendiri.

Namun implementasinya seperti apa, operasionalnya seperti apa,  perbankannya harus seperti apa, implementasinya di lapangan seperti, hal ini menurutnya masih perlu dikaji.

Menurut Menag  sebaiknya kalau badan ini sudah berdiri sendiri, jamaah haji bisa setor langsung tanpa melalui rekening Menteri Agama.

Namun, Menag mengaku bahwa sampai  sekarang UU No 13 Tahun 2008 tentang Penyelenggaraan Ibadah Haji masih menyatakan bahwa setoran awal jamaah haji harus melalui rekening Menteri Agama.

“Jadi pada saatnya nanti perlu merevisi itu, sehingga nanti jamaah tidak lagi perlu menyetorkan ke rekening menteri,” kata Menag.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Rustam Agus
Editor : Rustam Agus
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper