Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Kenaikan Harga Dicurigai Peran Spekulan

Pemerintah Kota Tangerang menenggarai munculnya sejumlah spekulan yang mengatrol berbagai macam harga barang pangan di Kota Tangerang menjelang bulan Ramadan, pertengahan Ramadan dan menjelang lebaran.

Bisnis.com, TANGERANG—Pemerintah Kota Tangerang menenggarai munculnya sejumlah spekulan yang mengatrol berbagai macam harga barang pangan di Kota Tangerang menjelang bulan Ramadan, pertengahan Ramadan dan menjelang lebaran.

Sudadi, Kepala Bidang Perdagangan pada Dinas Perindustrian, Perdagangan dan Koperasi Kota Tangerang mengungkapkan berdasarkan hasil operasi pasar satu pekan sebelum bulan puasa, terdapat kenaikan harga pada komoditas inti seperti daging ayam broiler, telur ayam broiler dan daging sapi.

“Kenaikkan ini seharusnya tidak terjadi karena seluruh pasokan barang pangan menjelang puasa dan lebaran dijamin aman. Terdapat kemungkinan pedagang mengambil kesempatan menaikkan harga secara sepihak menjelang Ramadan,” tuturnya kepada Bisnis di Tangerang, Senin (30/6/2014).

Berdasarkan pantauan di lapangan, pada Rabu (25/6/2014) harga daging sapi di sejumlah pasar tradisional Kota Tangerang telah menembus Rp100.000/kg. Padahal, satu pekan sebelumnya harga masih dikisaran Rp90.000/kg.

Bahkan, harga daging sapi di pasar tradisional jauh lebih mahal jika dibandingkan dengan harga yang ditawarkan sejumlah supermarket di Kota Tangerang sekitar Rp68.000/kg.

Pada waktu yang sama, harga daging ayam broiler naik menjadi Rp35.000/kg dari pekan sebelumnya yang masih Rp30.000/kg. Sementara itu, harga telur ayam broiler yang pekan sebelumnya seharga Rp18.000 setahap demi setahap mulai merangkak naik dan kini berada dikisaran Rp20.000/kg.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Editor : Rustam Agus
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper