Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

INFO CUACA: Waspadai Arus Laut Perairan Kepri

Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG) Hang Nadim Batam mengimbau nelayan dan operator serta pengguna transportasi laut di Perairan Kepulauan Riau mewaspadai arus laut yang kuat pada Minggu (29/6/2014).

Bisnis.com, BATAM--Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG) Hang Nadim Batam mengimbau nelayan dan operator serta pengguna transportasi laut di Perairan Kepulauan Riau mewaspadai arus laut yang kuat pada Minggu (29/6/2014).

Prakirawan BMKG Batam Adhitya Prakoso memperkirakan, arus laut di seluruh perairan Kepulauan Riau (Kepri) berkisar 5 cm sampai dengan 70 cm per detik, dan paling kuat di Perairan Natuna.

"Kondisi ini masih kondusif untuk aktivitas transportasi darat dan udara, sedangkan transportasi laut harus lebih berhati-hati terhadap arus laut yang cukup kuat terutama di wilayah perairan Natuna," katanya seperti dikutip Antara, minggu pagi (29/6/2014).

Cuaca Kepri, menurut Adhitya Prakoso, diprakirakan berawan dan berpotensi terjadi hujan ringan hingga sedang yang terkadang disertai petir.

Terdapatnya pusat tekanan rendah (Low Pressure Area) di Samudera Hindia sebelah barat Sumatera bagian selatan, memberikan dampak pada terbentuknya pola pertemuan angin (konvergensi) di sekitar wilayah Kepri yang mengakibatkan massa udara saling berkumpul dan berpotensi menumbuhkan banyak awan.

Kelembaban udara atas yang cukup tinggi di Kepri juga mengindikasikan terdapatnya banyak uap air yang terkandung. Keadaan itu sangat mendukung dalam proses pertumbuhan banyak awan.

Secara detil, BMKG memprakirakan cuaca Kota Batam pada Minggu pagi hingga siang berawan hujan ringan dan malam berawan hujan. Kecepatan angin diprakirakan lima sampai 36 kilometer per jam.

Suhu udara di Batam antara 24 sampai 30 derajat Celcius dengan kelembaban 76 sampai 97 persen, sedangkan gelombang laut di perairan Batam diperkirakan 0,5 sampai 1,3 meter.

Cuaca di Kota Tanjungpinang dan Kabupaten Bintan pada Minggu pagi berawan, siang berawan hujan ringan dan malam kembali berawan. Kecepatan angin diprakirakan lima sampai 36 kilometer per jam.

Suhu udara Tanjungpinang dan Kabupaten Bintan antara 24 sampai 30 derajat Celcius dengan kelembaban 78 sampai 98 persen, sedangkan gelombang laut di perairan Pulau Bintan diperkirakan 0,5 sampai 1,3 meter.

Karimun pada Minggu pagi hingga siang berawan hujan ringan dan malam berawan. Kecepatan angin mencapai lima sampai 35 kilometer per jam.

Suhu udara di Karimun antara 24 sampai 30 derajat Celcius dengan kelembaban 75 sampai 95 persen. Sedangkan gelombang laut di perairan Karimun diperkirakan 0,3 sampai 0,8 meter.

Cuaca di Lingga pada Minggu pagi hingga siang berawan hujan ringan dan malam berawan. Kecepatan angin diprakirakan lima sampai 35 kilometer per jam.

Suhu udara di Lingga antara 23 sampai 29 derajat Celcius dengan kelembaban 80 sampai 98 persen. Sedangkan gelombang laut diperkirakan 0,5 sampai 1,3 meter.

Wilayah Kabupaten Natuna pada Minggu pagi berawan, siang berawan hujan ringan dan malam berawan. Kecepatan angin diprakirakan lima sampai 38 kilometer per jam.


Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Rustam Agus
Editor : Rustam Agus
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper