Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

KORUPSI DANA HAJI: Menag Minta KPK Tangguhkan Pemeriksaan Pegawai

Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) diminta menangguhkan pemeriksaan terhadap para pegawai di lingkungan Ditjen Pengelenggaraan Haji dan Umroh (PHU) yang diangkat sebagai petugas haji, mengingat penyelenggaraan ibadah haji sudah semakin dekat.
 Ilustrasi/Antara
Ilustrasi/Antara

Bisnis.com, SURABAYA - Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) diminta menangguhkan pemeriksaan terhadap para pegawai di lingkungan Ditjen Pengelenggaraan Haji dan Umroh (PHU) yang diangkat sebagai petugas haji, mengingat penyelenggaraan ibadah haji sudah semakin dekat.

Tanpa bermaksud mengintervensi KPK, Menteri Agama Lukman Hakim Saifuddin berharap para penyidik di komisi antirasuah dapat menangguhkan pemeriksaan saat petugas haji dari lingkungan Ditjen PHU itu menjalankan tugas di Tanah Suci, Arab Saudi.

Hal ini, katanya, agar para petugas haji dapat lebih fokus menjalankan tugas selama di Arab Saudi. Namun, dia berharap publik dapat memahami posisi petugas haji, yaitu di satu sisi harus proaktif dengan pemanggilan KPK dalam pemeriksaan kasus dana haji, tetapi di lain pihak harus fokus menyukseskan penyelenggaraan haji.

"Saya tidak bermaksud melakukan itu, tetapi semata untuk suksesnya penyelenggaraan haji dalam waktu dekat," ujarnya, seperti dikutip Antara, Rabu (18/6/2014).

Lukman mengakui pihaknya seusai dilantik sebagai Menag (baru) menggantikan Suryadharma Ali, pada Mei lalu, menyegerakan diri mendatangi kantor KPK.

Dia menjelaskan pihaknya banyak mendapat masukan dari jajaran KPK seusai Suryadharma Ali ditetapkan sebagai tersangka, yang kemudian disusul pengunduran diri Ditjen PHU Anggito Abimanyu.

Diakui pula di antara pegawai Ditjen PHU ada di antaranya dimintai keterangan oleh komisi antirasuah tersebut. Namun, dalam posisi sekarang ini, lanjut dia, pelaksanaan penyelenggaraan ibadah haji sudah di depan mata. Untuk itu, mana kala petugas bersangkutan berada di Tanah Suci diharapkan pemeriksaan petugas dapat ditangguhkan.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : News Editor
Editor : Nurbaiti
Sumber : Antara
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper