Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Apple & Google Setuju Bayar US$324,5 juta

Apple Inc, Google Inc, Intel Corp dan Adobe Systems Inc setuju untuk membayar US$324,5 juta untuk menyelesaikan gugatan antimonopoli yang diajukan karyawan atas klaim bahwa keempat perusahaan tersebut bersekongkol untuk menekan gaji dengan tidak merekrut pekerja dari masing-masing perusahaan.

Bisnis.com, SAN JOSE - Apple Inc, Google Inc, Intel Corp dan Adobe Systems Inc setuju untuk membayar US$324,5 juta untuk menyelesaikan gugatan antimonopoli yang diajukan karyawan atas klaim bahwa keempat perusahaan tersebut bersekongkol untuk menekan gaji dengan tidak merekrut pekerja dari masing-masing perusahaan.

Bloomberg melansir pada Jumat (23/5/2014) bahwa menurut pengajuan di Pengadilan Federal di San Jose, California, kuasa hukum karyawan mencari persetujuan awal hakim atas kesepakatan itu. Kesepakatan yang melibatkan lebih dari 64.000 karyawan teknis tercapai pada 24 April lalu. Kesepakatan tersebut tercantum dalam berkas gugatan.

Pekerja menuntut ganti rugi senilai US$3 miliar pada sidang yang ditetapkan untuk 27 Mei. Berdasarkan undang-undang antitrust federal, ganti rugi yang dikabulkan oleh pengadilan mungkin dapat mencapai tiga kali lipat. 

Kasus ini yang dimulai pada tahun 2011merupakan aib bagi perusahaan-perusahaan besar di Silicon Valley dengan mengungkapkan proses percaloan antara eksekutif  dengan mengorbankan pekerja mereka .

Para penggugat. yang merupakan insinyur perangkat lunak dan keras, programmer dan staf teknis lainnya menduga para atasan mereka bersekongkol dari tahun 2005-2009 untuk menekan gaji.  Dalam email dan dokumen pengadilan terlampir gambar tidak menyenangkan dari para pendiri perusahaan teknologi termasuk Steve Jobs pendiri Apple dan Eric Schmidts Direktur Google di California.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Sumber : Bloomberg

Topik

Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper