Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Dinas Perkebunan Riau Anggarkan Rp5,23 Miliar untuk Sagu

Dinas Perkebunan Provinsi Riau mengalokasikan dana untuk pengembangan budidaya tanaman sagu sebesar Rp5,23 miliar untuk tahun ini.

Bisnis.com, PEKANBARU--Dinas Perkebunan Provinsi Riau mengalokasikan dana untuk pengembangan budidaya tanaman sagu sebesar Rp5,23 miliar untuk tahun ini.

Kepala Dinas Perkebunan Provinsi Riau Zulher mengatakan dana tersebut akan digunakan untuk menanam sagu seluas 900 hektare. Luas areal tersebut mengalami kenaikan dari realisasi tahun lalu yang hanya 250 hektare.

"Pengembangan budidaya sagu seluas 550 hektare akan dikonsentrasikan di Meranti dan sisanya di Indragiri Hilir. Bantuan yang akan diberikan berupa bibit unggul, pupuk, herbisida, alat-alat pertanian, dan upah pembukaan lahan," kata Zulher kepada Bisnis, Kamis (8/5/2014).

Dia menambahkan sagu dinilai menjadi potensi unggulan alternatif perkebunan di Riau selain sawit dan karet. Bahkan, 50% kebutuhan sagu nasional diklaim berasal dari Bumi Lancang Kuning, meskipun luas lahan masih kalah dibandingkan dengan Provinsi Papua.

Pihaknya juga mendorong penghiliran tanaman sagu untuk memberikan nilai tambah. Selama ini, budidaya tanaman sagu masih dilakukan oleh perusahaan swasta dalam negeri.

Sebagian besar pengolahan sagu dilakukan oleh masyarakat secara tradisional karena belum memiliki industri hilir skala besar. Pengolahan sagu di Kepulauan Meranti hanya sebanyak 76 pabrik, sedangkan di sentra tanaman sagu di kabupaten lain masih belum banyak.

“Sebelum ada pengolahan sagu, harganya Rp15.000 per tual, tetapi sekarang sudah sampai Rp45.000 per tual. Jika industri hilir sudah banyak dan maju harga bisa semakin baik dan pekebun sejahtera,” ujarnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Editor : Rustam Agus
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper