Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Margautama Siapkan Sistem Informasi Lalu Lintas Tol Kota Makassar

Operator jalan tol Kota Makassar PT Margautama Nusantara berencana membangun traffic information system (TIS) di sejumlah ruas jalan yang terhubung dengan tol kelolaan perseroan.

Bisnis.com, MAKASSAR - Operator jalan tol Kota Makassar PT Margautama Nusantara berencana membangun traffic information system (TIS) di sejumlah ruas jalan yang terhubung dengan tol kelolaan perseroan.

Chief Operating Officer Margautama Nusantara Joko Santoso mengemukakan sistem tersebut akan menyediakan infromasi ke pengguna jalan dalam bentuk visualisasi lalu lintas di dalam dan luar tol, travel time dari satu titik ke titik lain serta video real time terintegrasi dengan CCTV.
 
Dia menyampaikan, informasi real time ini diperoleh dari mobil patroli perseroan yang mengumpulkan data dengan menggunakan aplikasi smartphone di lapangan.

"Sistem ini akan kami bangun dengan melakukan sinergi dengan Pemkot Makassar agar dalam penerapannya nanti bisa lebih maksimal," ucapnya di sela-sela penandatanganan MoU bersama dengan Pemkot Makassar, Kamis (8/5/2014).

Adapun, titik-titik pembangunan TIS direncanakan pada pusat kemacetan di sekitar tol seperti Jalan Pettarani, Jalan Nusantara, serta di jalan luar kota dari arah Kqbupaten Maros.

Sedangkan untuk dalam ruas jalan tol, akan dipasang CCTV dan fiber optic oleh anak usaha dari PT Nusantara Infrastructure Tbk. tersebut.

Melalui pembangunan TIS, kata Djoko, pihaknya ingin memberikan solusi untuk mengatasi dan mengurai kemacetan lalu lintas di Makassar.

Berdasarkan data perseroan pada tahun lalu volume kendaraan yang melewati ruas tol kelolaan Margautama secara rerata mencapai 89.200 unit per hari yang meningkat sekitar 15% dibandingkan tahun sebelumnya.

General Manager Corporate Affairs Nusantara Infrastructure Deden Rochmawaty mengatakan perseroan terus berupaya untuk memaksimalkan pelayanan terbaik bagi stakeholders.

"Sebagai pelopor penerapan TIS khususnya di kota Makassar, kami berharap TIS dapat terus dikembangkan di masa depan sehingga dapat menjangkau lokasi lokasi strategis di Makassar sebagai salah satu perwujudan konsep Smart City,” kata Deden.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Amri Nur Rahmat
Editor :
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper