Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

Seperempat Penduduk Jepang Lansia

Masalah Jepang soal populasi lanjut usia (lansia) rupanya belum bisa terselesaikan. Riset terbaru justru menunjukkan populasi lansia di negara tersebut telah mencapai seperempat total penduduk.
Rezza Aji Pratama
Rezza Aji Pratama - Bisnis.com 19 April 2014  |  22:13 WIB

Bisnis.com, TOKYO— Masalah Jepang soal populasi lanjut usia (lansia) rupanya belum bisa terselesaikan. Riset terbaru justru menunjukkan populasi lansia di negara tersebut telah mencapai seperempat total penduduk.

Seperti dilansir dari Bloomberg, Kementerian Dalam Negeri Jepang mengatakan populasi Jepang kembali turun untuk tahun ketiga menjadi 127 juta jiwa atau merosot 0,17%. Hal ini membawa tantangan bagi otoritas setempat untuk membiayai kelompok yang sudah tidak lagi produktif tersebut.

“Ini merupakan angka tertinggi di dunia,” tulis Population Reference Bureau.

Demi menggelontorkan biaya jaminan sosial dan kesehatan untuk lansia, Jepang telah berhutang hingga dua kali lipat ukuran output ekonomi negara tersebut. Perdana Menteri Shinzo Abe bahkan telah mendorong lebih banyak perempuan untuk masuk ke dalam angkatan kerja demi meningkatkan perekonomian. Tak hanya itu, Jepang juga sudah mulai melonggarkan imigrasi untuk menarik orang masuk ke negaranya.

Yasunari Ueno, Co Chief Market Econnomist Mizuho Securities menyebutkan negaranya harus banyak belajar dari Australia dan Jepang untuk menyambut orang-orang dari berbagai negara. Meski datang dari berbagai budaya yang berbeda, orang-orang ini akan memperkuat perekonomian negara tersebut. 


Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

jepang
Editor : Martin Sihombing

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

Terpopuler

Download Aplikasi E-Paper sekarang dan dapatkan FREE AKSES selama 7 hari!

BisnisRegional

To top