Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

Produk Pangan Brasil Terancam Pemanasan Global

Pemanasan global telah membuat berbagai negara kelimpungan. Sebuah studi terbaru menunjukkan, komoditas pertanian di Brazil terancam merosot tajam yang akan diikuti dengan migrasi besar-besaran para petani.
Rezza Aji Pratama
Rezza Aji Pratama - Bisnis.com 19 April 2014  |  21:09 WIB
Ilustrasi
Ilustrasi

Bisnis.com, JAKARTA — Pemanasan global telah membuat berbagai negara kelimpungan. Sebuah studi terbaru menunjukkan, komoditas pertanian di Brasil terancam merosot tajam yang akan diikuti dengan migrasi besar-besaran para petani.

Peneliti iklim Brasil Hilton Silveira Pinto mengatakkan kekeringan akibat pemanasan global telah memangkas hasil panen gandum dan kopi. Dalam penelitiannya, professor di Center for Meteorological and Climate Research Applied to Agriculture Universitas Campinas ini menyebutkan hasil panen kedela akan turun sampai 24%, sedangkan gandum anjlok 41% pada 2020.

Penurunan hasil panen ini bisa berdampak buruk bagi keamanan pasal dunia. Pasalnya, sudah puluhan tahun Brasil dikenal sebagi eksportir produk pangan ke berbagai kawasan. Tahun lalu, negara ini bahkan menggeser Amerika Serikat sebagai eksportir terbesar kedelai ke kawasan Asia, Eropa, dan Timur Tengah yang mencapai 41,9 juta ton. Sejak seabad lalu, Brasil juga dikenal sebagai pemimpin dunia dalam produksi gula dan kopi.

Pertanian menyumbang 25% dari produk domestik bruto Brasil dan lebih dari sepertiga dari ekspor tahunan. Dengan sumber daya air yang cukup dan sepanjang tahun, iklim investasi di sektor agribisnis telah mencapai miliaran dolar. Jika hasil riset ini terbukti, seluruh dunia tentu akan ikut merasakan. 


Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

pemanasan global
Editor : Martin Sihombing

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

Terpopuler

Download Aplikasi E-Paper sekarang dan dapatkan FREE AKSES selama 7 hari!

BisnisRegional

To top