Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Ekonomi AS Kuartal IV/2013 Tumbuh 2,6%

Ekonomi Amerika Serikat pada kuartal keempat tumbuh lebih cepat dari perkiraan sebelumnya karena belanja konsumen meningkat paling tinggi dalam 3 tahun
 Ilustrasi
Ilustrasi

Bisnis.comJAKARTA—Ekonomi Amerika Serikat pada kuartal keempat tumbuh lebih cepat dari perkiraan sebelumnya karena belanja konsumen meningkat paling tinggi dalam 3 tahun.

Menurut Departemen Perdagangan di Washington pada Kamis (27/3/2014) produk domestik bruto pada Oktober-Desember secara tahunan tumbuh 2,6%, lebih tinggi dari peningkatan 2,4% yang dilaporkan pada bulan lalu.

“Perekonomian telah menggeser dampak negatif dari cuaca. Kami melihat tanda bahwa pertumbuhan akan mendapatkan beberapa tenaga tambahan dan menguat serta berakselerasi sepanjang tahun,” kata Sam Bullard, Ekonom Senior Wells Fargo Securities LLC di North Carolina.

Kekuatan belanja konsumen tercatat pada sektor jasa, khususnya layanan kesehatan yang membantu percepatan perluasan dan sebagai tanda bahwa sebagian perlambatan pertumbuhan tahun ini disebabkan oleh hujan salju dan suhu beku.

Sebanyak 79 ekonom yang disurvei oleh Bloomberg memperkirakan rata-rata pertumbuhan sebesar 2,7%. Namun begitu, secara keseluruhan pada 2013, ekonomi AS tumbuh 1,9% atau lebih kecil dari capaian 2,8% pada tahun sebelumnya.

Laporan lain juga menunjukkan penduduk Amerika yang mengajukan aplikasi pembayaran asuransi pengangguran lebih sedikit dari perkiraan, hal ini menunjukkan pasar tenaga kerja telah membaik. Jumlah klaim pengangguran turun dari 321.000 menjadi 311.000 pada pekan yang berakhir pada 22 Maret.

Laporan Departemen Perdagangan juga menunjukkan pembelian konsumen yang menyumbang hampir 70% dari perekonomian AS, pada kuartal keempat naik menjadi 3,3%, merupakan yang terbesar sejak kuartal akhir 2010 dan melampaui penguatan 2,6% pada laporan sebelumnya.


Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Sumber : Bloomberg
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper