Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Diperta Jabar Minta Pemerintah Impor Produk Hortikultura dalam Bentuk Benih

Dinas Pertanian dan Tanaman Pangan (Diperta) Jawa Barat meminta pemerintah pusat agar mengimpor produk hortikultura dalam bentuk benih.

Bisnis.com, BANDUNG - Dinas Pertanian dan Tanaman Pangan (Diperta) Jawa Barat meminta pemerintah pusat agar mengimpor produk hortikultura dalam bentuk benih.

Kepala Diperta Jabar Diden Trisnadi mengatakan untuk ketersediaan produk hortikultura di Jabar saat ini masih memang terbatas, jika dibandingkan dengan permintaan pasar yang cukup tinggi.

"Terutama komoditas bawang putih yang masih bergantung terhadap impor, sedangkan kuantitas untuk bawang merah di Jabar masih kalah dengan kawasan lain," katanya, Jumat (10/1/2014).

Padahal, kata Diden, kuantitas dan kualitas komoditas bawang di Jabar berpotensi lebih baik dari produk impor.

Oleh karena itu, dia berharap kepada pemerintah pusat untuk lebih memperbesar impor bawang dalam bentuk benih bukan produk jadi.

Selain itu, Diden mengungkapkan, permasalahan lain yang harus diantisipasi adalah penempatan waktu yang tepat dalam mengimpor benih bawang dengan waktu tanam.

"Saat ini waktu pengiriman impor selalu tidak tepat. Katakanlah petani mulai menanam bawang bulan ini, sedangkan benih yang diimpor datang satu bulan kemudian. Memaksa petani untuk menjual benih sebagai produk konsumsi," katanya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Editor : Nurbaiti
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper