Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Pound Sterling Menguat Atas Dolar AS

Pound menguat atas dolar AS minggu ini dan merupakan kenaikan tertinggi dalam 2 bulan terakhir

Bisnis.com, LONDON - Pound sterling menguat atas dolar minggu ini dan merupakan kenaikan tertinggi dalam 2 bulan terakhir.

Penguatan itu didasari oleh kepercayaan atas pemulihan ekonomi Inggris yang didorong dari kebangkitan pasar perumahan dan menurunnya jumlah pengangguran.

Pound menguat terhadap semua mata uang kecuali dua dari 16 mata uang utama, sehingga sejumlah ekonom berpendapat bahwa harga rumah di Inggris akan  meningkat bulan ini dan pengajuan kredit akan naik pada bulan November 2014.

Obligasi pemerintah Inggris jatuh sehingga mendorong kenaikan yield 10 tahun di atas 3% untuk pertama kalinya sejak September.

Oleh karena itu, Departemen Keuangan Inggris akan mempertimbangkan untuk mempermudah mekanisme pemberian pinjaman dari bank-bank baru dan penyedia pembiayaan alternatif kepada perusahaan skala kecil.

“Kita dapat memahami posisi jangka panjang atas sterling,” ujar Peter Rosenstreich , Kepala Analis Valuta Asing Swissquote Bank SA Zurich.

Hal tersebut menurutnya, mengacu pada nilai aset di Inggris akan naik dan pertumbuhan ekonomi Inggris akan lebih cepat dari prediksi pemerintah.

Pound menguat 1% minggu ini menjadi 1,6495 per US$ kemarin waktu London, kenaikan tersebut merupakan yang terbesar sejak periode 18 Oktober.

Sterling naik 0,3% menjadi 83,46 pence [sen Inggris] per Euro setelah menguat ke 82,53 pence pada 2 Desember 2013.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Editor : Yusran Yunus
Sumber : Bloomberg
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper