Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Layani Pelayaran Internasional, Tanjung Emas Terapkan ISPS Code

PT Pelindo III Tanjung Emas Semarang menerapkan international ship and port securit (ISPS) Code selama menerima kedatangan kapal pelayaran internasional

Bisnis.com, SEMARANG--PT Pelindo III Tanjung Emas Semarang menerapkan international ship and port securit (ISPS) Code selama menerima kedatangan kapal pelayaran internasional.

ISPS code merupakan peraturan international tentang keamanan kapal dan fasilitas pelabuhan yang diberlakukan bagi kapal yang melakukan pelayaran internasional dan pelabuhan atau fasilitas untuk melayani kapal pelayaran internasional.

GM Pelindo III Tanjung Emas Tri Suhardi memastikan ada pengamanan ekstra selama ada kapal cruise bersandar, terutama jika bermalam di dermaga Semarang.

"Sudah ada upaya sterilisasi area ketika ada kapal pelayaran internasional. Tanjung Emas juga sudah memiliki sertifikat ISPS code untuk sterilisasi area," ujarnya saat memantau kunjungan cruise berbendera Prancis MV Le Soleal, Minggu (15/12/2013).

Kapal pesiar berbendera Prancis itu mampir di dermaga pelabuhan Tanjung Emas untuk bermalam sehingga kemanan pelabuhan diperketat. Cruise membawa 250 wisatawan asing dan 139 kru kapal bersandar Sabtu pagi hingga Minggu sore.

Dari 18 kapal pesiar yang merapat selama 2013, Le Soleal merupakan salah satu yang menginap karena kapal lain umumnya hanya bersandar setengah hari untuk melanjutkan perjalanan wisata.

Perihal keamanan pelabuhan, Pelindo III juga melakukan koordinasi untuk memberikan pengamanan ekpada wisatawan mancanegara.

Sementara Administratur Pelabuhan Tanjung Emas carolus Sangadji menyatakan kesiapan dermaga untuk menerima sandar kapal pesiar bermuatan besar.

"Dermaga sangat mampu menampung sandar kapal besar bermuatan 2.000 penumpang juga bisa. Apalagi sudah ada pengerukan sampai 8,5 meter," ujarnya.

Adpel mencatat hingga akhir tahun ini dermaga menerima sandar 19 kapal pesiar dan menyisakan 1 kapal pada jadwal sandar akhir tahun. Diharapkan 2014 jumlah kapal semakin bertambah mengingat infrastruktur sudah dibenahi. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Editor : Rustam Agus
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper