Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Ratusan Guru Dukung Bupati Karanganyar Rina Iriani, LSM Desak Agar Ditahan

Dukungan untuk Bupati Rina Iriani dalam kasus GLA Karanganyar mulai mengalir. Ratusan guru SD mendoakan Rina.
/JIBI
/JIBI

Bisnis.com, KARANGANYAR--Dukungan untuk Bupati Rina Iriani dalam kasus dugaan penyelewengan dana perumahan Griya Lawu Asri (GLA) Karanganyar mulai mengalir. Ratusan guru SD mendoakan Rina.

Sebanyak 295 siswa di SDN 2 Gaum, Tasikmadu menggelar acara doa bersama untuk keselamatan Rina Iriani. Sebelum menjadi seorang bupati, Rina Iriani menjadi seorang guru di SD tersebut.

“Bu Rina tak tahu apa-apa dalam kasus GLA. Makanya kami berdoa bersama saat ini agar Bu Rina terbebas dari segala sangkaan yang tidak baik,” kata salah seorang guru SDN 2 Gaum, Karmi, Sabtu (23/11/2013).

Terpisah, Forum Karanganyar Rembug (FKR), Hendardi Heru Santoso, mendesak Kejati Jateng untuk menahan Rina Iriani untuk kepentingan penyidikan. Di sisi lain, FKR mengharapkan pengusutan kasus ini dilakukan secara objektif dan adil.

“Kami akan selalu memantau kasus GLA. Kalau ada kejanggalan, kami tak segan melakukan aksi demonstrasi besar-besaran. Semua data dan bukti soal kasus GLA sudah sangat jelas. Tak ada alasan bagi Kejati mengusut hingga ke akar-akarnya,” jelasnya.

Kuasa hukum Rina Iriani dari kantor pengacara O.C Kaligis, Mohammad Yagari Bastara, sebelumnya mengatakan terdapat  sejumlah kejanggalan  dalam kasus dugaan penyelewengan dana perumahan yang disangkakan pada kliennya.

Kejanggalan tersebut antara lain  sesuai Pasal 131 KUHAP, penyidik harus melakukan pemeriksaan dan penggeledahan terhadap seseorang yang diduga terlibat kasus korupsi. Namun hingga putusan majelis hakim, Rina Iriani tak pernah diperiksa oleh penyidik.

Aliran dana dari Kementerian Perumahan ke koperasi KSU Sejahtera, menurutnya,  merupakan skenario Tony Iwan Haryono, suami Rina Iriani. Sebenarnya, koperasi tersebut telah mati suri kemudian diaktifkan kembali dengan mencatut nama Rina Iriani. (Solopos)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Ismail Fahmi
Editor : Ismail Fahmi
Sumber : JIBI
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper