Vonis Dakwaan Ahmad Fathanah Dibacakan Hari ini

Majelis Hakim Pengadilan Tipikor hari ini akan membacakan vonis dakwaan terhadap terdakwa kasus suap impor daging sapi, di Kementerian Pertanian, Ahmad Fathanah.
Mia Chitra Dinisari
Mia Chitra Dinisari - Bisnis.com 04 November 2013  |  10:20 WIB

Bisnis.com, JAKARTA - Majelis Hakim Pengadilan Tipikor hari ini akan membacakan vonis dakwaan terhadap terdakwa kasus suap impor daging sapi, di Kementerian Pertanian, Ahmad Fathanah.

Sebelumnya Jaksa Penuntut KPK menuntut kolega mantan Presiden PKS itu dengan hukuman 17,5 tahun penjara, karena dinilai terbukti menerima uang Rp1,3 miliar dari PT.Indoguna Utama untuk diberikan kepada Luthfi Hasan Ishaaq,  guna mengatur kuota impor daging sapi sebanyak 8.000 ton dengan commitment fee sebesar Rp5.000 per kilogram, sehingga total komisi adalah Rp40 miliar.

Sedangkan dalam perkara TPPU, Fathanah dinilai terbukti telah menempatkan sejumlah uang dan membelanjakan uang itu sebagai upaya untuk menutupi tindak pidana korupsi. Sidang pembacaan vonis hari ini dipimpin oleh Nawawi Pomalango.

Ahmad Rozi, kuasa hukum Fathanah, menegaskan jika kliennya siap menghadapi persidangan. "Dia sehat dan siap".

Rozi berharap vonis yang disampaikan majelis hakim sesuai dengan fakta persidangan yang selama ini sudah disampaikan kliennya.

Dalam kasus suap impor daging, KPK telah menetapkan lima orang sebagai tersangka kasus suap pengurusan kuota impor daging sapi, yakni Arya Abdi Effendi, Juard Effendi, Luthfi Hasan Ishaaq dan Ahmad Fathanah, dan Maria Elizabeth Liman.

Ahmad Fathanah juga telah ditetapkan sebagai tersangka dalam kasus tindak pidana pencucian uang.

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :
suap impor daging

Editor : Yusran Yunus

Berita Terkait



Berita Terkini Lainnya



Top