Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Jasa Angkutan Bus Tidak Terpengaruh Maskapai LCC

Penyedia jasa angkutan transportasi PO Rosalia Indah menilai maraknya penerbangan murah Jakarta-Solo oleh maskapai penerbangan bertarif rendah (low cost carrier/LCC) tidak terlalu berpengaruh terhadap usahanya.

Bisnis.com, TEGAL - Penyedia jasa angkutan transportasi PO Rosalia Indah menilai maraknya penerbangan murah Jakarta-Solo oleh maskapai penerbangan bertarif rendah (low cost carrier/LCC) tidak terlalu berpengaruh terhadap usahanya.

Manager HRD Rosalian Indah Group Eko Sumarso mengatakan setiap harinya penyedia jasa angkutan itu bisa mengaoperasikan 50 unit armada per harinya untuk trayek Solo (Jateng)-Jabodetabek.

Menurutnya, angka tersebut masih tetap stabil di tengah makin maraknya pilihan transportasi dengan moda lain, seperti maraknya penerbangan murah Jakarta-Solo oleh maskapai LCC maupun moda kereta api.

Dia mengatakan seluruh armada tersebut merupakan bus layanan non ekonomi dengan penyediaan layanan eksekutif.

"Core bisnis kami memang penyediaan layanan eksekutif dan kita punya pangsa penumpang yang relatif stabil untuk rute ini [Solo-Jakarta]," ujarnya di sela-sela media gathering Seminar Keselamatan Transportasi Jalan di Tegal, Jawa Tengah, Jumat (25/10/2013).

Sejauh ini, kata Sumarso, ada tiga jenis layanan yang ditawarkan perusahaan dengan tawaran tarif yang bervariasi. Adapun layanan itu meliputi non-ekonomi dengan tarif Rp90.000 per kursi, kelas eksekutif Rp165.000 per kursi serta super eksekutif dengan tarif Rp190.000 per kursi.

Dia menjelaskan untuk layanan non-ekonomi, bus tidak dilengkapi dengan AC namun fasilitas seperti sandaran kursi fleksibel dan televisi.

Sementara itu, untuk super eksekutif, dikategorikan sebagai layanan premium, dengan bus berkapasitas 20 kursi sehingga penumpang lebih leluasa dan nyaman serta dilengkapi seluruh fasilitas pendukung selama perjalanan.

"Kalo untuk layanan eksekutif, tawaran fasilitasnya hampir sama pada umumnya untuk kelas ini, AC teve toilet dan lain-lain," papar Sumarso.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Amri Nur Rahmat
Editor : Nurbaiti
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper