Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Investor Inggris Lirik Air Bersih Sumut

Bisnis.com, MEDAN--Perusahaan pengelolaan air bersih asal Inggris Biwater International Ltd melirik investasi untuk mengatasi krisis air bersih di Sumatra Utara melalui kerjasama dengan PDAM Tirtanadi.Kepala Badan Penanaman Modal dan Promosi (BPMP) Sumut

Bisnis.com, MEDAN--Perusahaan pengelolaan air bersih asal Inggris Biwater International Ltd melirik investasi untuk mengatasi krisis air bersih di Sumatra Utara melalui kerjasama dengan PDAM Tirtanadi.

Kepala Badan Penanaman Modal dan Promosi (BPMP) Sumut Purnama Dewi mengatakan krisis energi dan air bersih yang terjadi di Sumut sedikit bisa bernafas lega. Pasalnya dari usaha promosi di bidang pengolahan air pada 14 Juli 2012 di London, Inggris, akhirnya membuahkan hasil.

"Kunjungan kami ke London membuahkan hasil yaitu dengan kunjungan Direktur Biwater International Ltd, perusahaan berpusat di Inggris yang bergerak di bidang water treatment dan desalination didampingi Indonesia Investment Promotion Center London pada November 2012," ungkapnya, Selasa (8/10/2013).

Perkembangan ekonomi ikut membawa konsekuensi meningkatnya berbagai kebutuhan masyarakat diantaranya air dan listrik. Untuk memenuhi kebutuhan masyarakat saat ini, PDAM Tirtanadi harus mampu menyediakan air bersih dengan kapasitas 5.000 liter per detik.

PDAM Tirtanadi membutuhkan investasi sebesar Rp2,9 triliun. Target tersebut menurut Purnama Dewi hanya akan dapat tercapai melalui investasi. Biwater sudah menunjukkan ketertarikannya untuk memenuhi target tersebut melalui pola kerjasama business to business. 

"Biwater telah megutarakan keinginannya berinvestasi dengan mengirimkan letter of intent untuk melakukan survei pra studi kelayakan dengan biaya sepenuhnya ditanggung Biwater," paparnya.

Menurutnya Biwater siap menanamkan modal di Sumut meliputi pembangunan instalasi Pengolahan Air, pemetaan kebocoran pipa, pengumpulan tarif dan sistem tagihan.

Di samping itu Biwater juga ingin bekerjasama dalam pembangunan saluran air limbah dan membangun sekolah pelatihan untuk staf dan karyawan PDAM Tirtanadi.

Sebenarnya pada tanggal 15-23 Juli lalu Biwater International berencana kembali mengunjungi Sumut untuk menindaklanjuti rencana investasi. Namun  akibat persoalan hukum yang dihadapi direksi PDAM Tirtanadi, kunjungan tersebut terpaksa ditunda.

Begitupun Pemprov Sumut, sambungnya, terus melakukan komunikasi dengan pihak Indonesia Investment Promotion Center (IIPC) London untuk melanjutkan rencana investasi mengingat kondisi air minum di Sumut yang sangat perlu tingkatkan.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Sukirno
Editor : Ismail Fahmi
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper