Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Bisnis.com, JAKARTA - Dua politisi Partai Demokrat, Gede Pasek Suardika dan Saan Mustopa yang dikenal sebagai loyalis Anas Urbaningrum (mantan ketua umum Demokrat), harus menelan pil pahit menyusul langkahnya mendeklarasikan organisasi massa Perhimpunan Pergerakan Indonesia (PPI) bersama Anas.

Gede Pasek Suardika dicopot dari jabatannya sebagai Ketua Komisi III DPR dan Saan Musopa dari jabatan Sekretaris Fraksi Partai Demokrat DPR.

DPP Partai Demokrat beralasan langkah pencopotan itu dilakukan demi menjaga disiplin dan martabat partai. "Bukan cuma menghadiri kita kan sudah pelajari record-nya selama ini. Pokoknya kita menegakkan kedisiplinan. Ini kan menyangkut loyalits terhadap partai," kata Ketua Harian DPP Partai Demokrat Syarief Hasan.

Menurut Syarif, rotasi dan penyegaran yang terjadi di tubuh Demokrat sebagai bentuk penerapan ganjaran dan hukuman (reward and punishment) bagi kader Partai Demokrat.

Seperti diberitakan sebelumnya, berselang tiga hari setelah deklarasi Ormas PPI pada Minggu (15/8/2013) dan hanya berselang dua hari setelah Ketua Fraksi Partai Demokrat DPR Nurhayati memanggil Gede Pasek Suardika, pimpinan Fraksi Partai Demokrat mengumumkan rotasi pimpinan fraksi, komisi, dan alat kelengkapan Dewan di Gedung MPR/DPR/DPD RI, Rabu (18/9/2013).

Di antara nama-nama pimpinan fraksi, komisi, dan alat kelengkapan dewan yang dirotasi adalah Ketua Komisi III dari Gede Pasek Suardika, digantikan oleh Ruhut Sitompul.

Nama-nama pimpinan fraksi, komisi, dan alat kelengkapam yang dirotasi antara lain, Teuku Riefly Harsya diangkat sebagai Sekretaris Fraksi menggantikan Saan Mustopa, Ruhut Sitompul diangkat sebagai Ketua Komisi III menggantikan Gede Pasek Suardikan, Michael Watimena diangkat menjadi Wakil Ketua Komisi V menggantikan Mulyadi.

Kemudian, Azam Azman Natawijaya diangkat sebagai Wakil Ketua Komisi VI menggantikan Benny K Harman, Mahrus Munir diangkat sebagai Wakil Ketua Komisi VIII menggantikan Gondo Radityo Gambiro, dan Wayan Sugiana diangkat sebagai Wakil Ketua Komisi X menggantikan Agus Hermanto.

Nama lainnya yang juga dirotasi sebelumnya, adalah Khatibul Umam Wiranu diangkat sebagai Wakil Ketua Komisi II menggantikan Taufik Effendy yang mengundurkan diri dari Partai Demokrat karena menjadi caleg dari partai politik lainnya.(antara/yus)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Yusran Yunus
Editor : Yusran Yunus
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper