Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Ekor Dinosaurus Ditemukan di Utara Meksiko

Bisnis.com, MEXICO CITY - Tim arkeolog menemukan fosil ekor dinosaurus yang diperkirakan berumur 72 juta tahun di wilayah padang pasir utara Meksiko, kata Institut Antropologi dan Sejarah Nasional (INAH) Meksiko, Senin."Fosil ekor sepanjang 5 meter yang

Bisnis.com, MEXICO CITY - Tim arkeolog menemukan fosil ekor dinosaurus yang diperkirakan berumur 72 juta tahun di wilayah padang pasir utara Meksiko, kata Institut Antropologi dan Sejarah Nasional (INAH) Meksiko, Senin.

"Fosil ekor sepanjang 5 meter yang masih cukup terawat itu merupakan yang pertama kali ditemukan di Meksiko," kata Direktur INAH, Francisco Aguilar, di negara bagian Coahuila.

Tim yang terdiri dari sejumlah arkeolog dan siswa dari INAH serta Universitas Otonom Meksiko (UNAM) menyimpulkan temuan fosil tersebut sebagai hadrosaurus, jenis dinosaurus yang berdiri seperti bebek.

"Ekor yang ditemukan di dekat sebuah kota kecil dekat General Cepeda itu sepertinya merupakan setengah dari seluruh ukuran tubuh dinosaurus yang dimaksud," kata Aguilar. (foto: Reuters)

Para arkeolog menemukan 50 tulang dari struktur ekor tersebut secara utuh setelah menghabiskan 20 hari di padang pasir. Mereka perlahan-lahan mengangkat lapisan batuan sedimen yang menutupi tulang dinosaurus.

Menurut INAH, tulang belulang lain berserakan di sekitar fosil ekor yang ditemukan mereka, termasuk salah satu tulang pinggang dinosaurus itu.

"Penemuan ekor dinosaurus sangat jarang terjadi," kata INAH.

Menurut Aguilar, penemuan terbaru itu dapat memberikan sumbangsih dalam pengetahuan lebih lanjut tentang keluarga hadrosaurus dan riset terhadap penyakit yang menjangkit tulang dinosaurus, yang juga diwariskan kepada manusia.

Misalnya para ilmuwan telah mengetahui bahwa dinosaurus juga bisa terjangkit tumor dan atritis. Fosil dinosaurus telah banyak ditemukan di negara bagian Coahuila serta sejumlah wilayah padang pasir lainnya di utara Meksiko.

"Kami memiliki sejarah paleontologi yang kaya," katanya.

Dia menjelaskan bahwa pada masa Cretaceous, yang berakhir 65 juta tahun lalu, sebagian besar daratan yang kini menjadi wilayah utara Meksiko merupakan tepi pantai. Hal itu memungkinkan para peneliti untuk menggali sisa-sisa fosil dari dinosaurus yang tinggal di darat maupun laut.

Keberadaan fosil itu pertama kali ditemukan warga setempat dan dilaporkan ke INAH pada Juni tahun lalu. Setelah melakukan inspeksi awal, penggalian dimulai pada awal bulan ini.

Fosil ekor dinosaurus yang ditemukan itu akan dibawa ke General Cepeda untuk dibersihkan dan diteliti lebih lanjut.(antara/reuters/yus)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : News Editor
Editor : Yusran Yunus
Sumber : Newswire
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper