Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

Kisah Sukses si Raja Kartun, Gary Larson

Bisnis.com, JAKARTA - Gary Larson,  adalah seorang kartunis asal Amerika Serikat. Kekayaannya diperkirakan sekitar US$50 juta pada 2012. Dia menajdi terkenal setelah menjadi creator sindikat internasional untuk seri kartun The Far Side.
Martin Sihombing
Martin Sihombing - Bisnis.com 19 Juli 2013  |  02:38 WIB

Bisnis.com, JAKARTA - Gary Larson,  adalah seorang kartunis asal Amerika Serikat. Kekayaannya diperkirakan sekitar US$50 juta pada 2012. Dia menajdi terkenal setelah menjadi creator sindikat internasional untuk seri kartun The Far Side.

Alam Way, cikal bakal The Far Side, pertama kali muncul di Seattle Times  pada 1979. Setelah Larson sukses dengan San Francisco Chronicle, The Far Side  tampil di Chronicle Fitur pada  1980. Penampilan pertama di Chronicle  pada  1 Januari 1980. Itu berjalan  selama 15 tahun sampai  Larson penisun,  terakhirnya diterbitkan pada  1 Januari 1995.

Selama 15 tahun, seri kartunya yang sudah dimuat suratkabar  di seluruh dunia lebih dari 900. Sekitar 23 koleksi buku kartunya  sudah terjual sebanyak 45 juta copi.  Seri kartun dunia itu berakhir setelah dia pension pada 1995.

Perjalanan hidupnya tidak lurus. Setelah menuntaskan kuliahnya di jurusan komunikasi di Washington State University, dia  merencanakan untuk mengejar karir di bidang penulisan commericals televisi. Namun, setelah lulus ia justru membentuk duo jazz. Dengan dirinya  pada gitar dan banjo, sementara teman bermainnya pada trombone dan keyboard.

Duo bubar setelah tiga tahun dan kemudian ia menemukan pekerjaan di sebuah toko musik di Lynwood, Washington. Namun, dia segera menyadari bahwa pekerjaan ini tidak cocok  untuk dia, dan memutuskan untuk berkonsentrasi pada gambar.

Lalu dia  mengambil beberapa contoh karyanya untuk diserahkan kepada editor sebuah majalah yang disebut Pacific Cari di Seattle. Editor mencintai mereka, dan Larson berhenti dari pekerjaannya di toko musik untuk mulai menulis komik untuk hidupnya. Komik ini,  disebut "Alam Way" digambarkan oleh Larson sebagai "Mesozoikum Far Side".

Setelah berkontribusi ke koran local  di Seattle, Larson mulai mengirim strip kartunya  untuk the Seattle Times, dengan judul Alam Way. Karyanya dimuat setiap minggu.

Sementara di San Francisco, dia mengirimkan satu karyanya yang  lain  ke San Francisco Chronicle. Karyanya diterbitkan dan namanya diubah menjadi The Far Side. Pada  1985 dan 1988, ia menerima  the Newspaper Panel Cartoon Award dari the National Cartoonists Society.

Namun, kisah suksesnya,  sempat tidak yakin dengan bidangnya itu. Pada awalnya, dia merasa menggambar  dianggap tidak mendapatkan banyak uang, sehingga Larson  juga bekerja  sebagai seorang penyelidik untuk Humane Society lokal. Namun,  setelah Larson bertemu dengan seorang reporter, sitauasi berubah. Apalagi setelah si wartawan  menunjukkan karya Larson  ke editor di Seattle Times. Alam Way mulai dipublikasikan di suratkabar Seattle Times 'Saturday  di bagian anak-anak.


Gary Larson/www.facebook.com

Selama liburan, Larson pergi ke San Francisco dengan portofolionya komik. Pada  1979 ia mendekati kantor San Francisco Chronicle untuk memamerkan karyanya. Hal ini langsung mengarahkannya ke kontrak sindikasi untuk kartun, Alam Way. Namun, para editor mengubah nama menjadi The Far Side. Pada  1 Januari 1980, The Far Side memulai debutnya di San Francisco Chronicle. Ternyatasukses.

The Far Side berhasil selama 14 tahun sampai Larson pensiun dari panel harian pada  1 Januari 1995. Pada saat itu, panel itu muncul di lebih dari 1.900 koran  di harian  dan  Minggu  di seluruh dunia. Cukup banyak buku Far Side diproduksi dan  menduduki puncak daftar best seller. Larson juga menerima banyak penghargaan termasuk Reuben Award untuk Outstanding Kartunis of the Year, dan Max & Moritz Harga untuk kategori Comic Internasional Terbaik.

Larson juga telah menyelesaikan dua film animasi, Gary Larson Tales From The Far Side I dan II, yang diselesaikan pada  1994 dan 1997, dan diputar di festival film internasional.

Profil Gary Larson
- Kebangsaan            AS

-Tanggal Lahir: 14 Agustus 1950

-Tempat lahir: Tacoma, Washington

-Status: Menikah (Toni Carmichael)

-Etnis: Caucasian

-Pekerjaan: Kartunis

-Pendidikan: Curtis Senior High School, dan Washington State University

-Sumber kekayaan: Membuat kartun.

(Ferguson, Kelly. "A Walk on the Far Side: The Life and Times of Gary Larson."/McCarthy, Susa.org/www.therichest.org)

Baca juga:

- Kisah Sukses Putra Parigi, Ciputra

- Kisah Sukses Michael Rubens Bloomberg

- Ini Kisah Sukses Jeffrey Preston Bezos, Bos Amazon.Com

 


Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

daftar orang kaya kisah sukses

Sumber : berbagai sumber

Editor : Martin Sihombing

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

Terpopuler

Download Aplikasi E-Paper sekarang dan dapatkan FREE AKSES selama 7 hari!

BisnisRegional

To top