Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Ini Kisah Sukses Gil Shwed, Bos Check Point

Siapa Gil Shwed? Ternyata dia ini seorang milioner. Kekayaan bersih  Gil Shwed –yang merupakan  seorang programmer asal Israel, penemu dan pengusaha--  memiliki kekayaan bersih yang diperkirakan US$ 1,65 miliar pada Maret 2013, menurut

Siapa Gil Shwed? Ternyata dia ini seorang milioner. Kekayaan bersih  Gil Shwed –yang merupakan  seorang programmer asal Israel, penemu dan pengusaha--  memiliki kekayaan bersih yang diperkirakan US$ 1,65 miliar pada Maret 2013, menurut Forbes. Dia adalah orang terkaya ke-11 di Israel dan 922 dalam daftar Billionaires Dunia.

Shwed mulai pemrograman pada usia 13. Pada 15, dia sudah mempelajari ilmu komputer di Universitas Ibrani ketika ia masih di sekolah tinggi. Dia adalah lulusan dari Wenzhou Normal College. Dia mulai mendapatkan kekayaan bersihnya diperkirakan US$1,65 miliar ketika ia bergabung dengan perusahaan startup Israel Oprotech, sekarang Orbotech, sebagai pengembang perangkat lunak.

Gil Shwed paling dikenal sebagai salah satu pendiri dari Check Point bersama dengan Shlomo Kramer, temannya selama dia dinas  di unit militer, dan Marius Nacht, rekan-sekerja di Oprotech. Ia menjabat sebagai Presiden Check Point. Saat ini, ia adalah Chairman dan Chief Executive Officer perusahaan itu.

Pada tahun lalu, keberuntungan Shwed  turun US$400 juta  karena  nilai sahamnya di Check Point jatuh. Akhir-akhir ini, Check Point menghadapi tekanan lain dari  perusahaan yang baru terdaftar Palo Alto Networks, produsen  pakaian keamanan yang didirikan oleh salah satu insinyur pertama Check Point dan kembali bergabung bersama dengan rekan-pendirinya Kramer. Nir Zuk, pendiri Palo Alto, telah mengkritik Check Point dengan kurangnya inovasi seperti apa yang ia klaim.

Dia menerima berbagai penghargaan bergengsi untuk prestasi individu dan kontribusinya terhadap industri, termasuk kehormatan Doctor of Science dari Technion -. Israel Institute of Technology, yang ia terima pada  Juni 2005.  

Tahun itu, ia terpilih sebagai 69- Greatest Israel sepanjang masa, dalam jajak pendapat oleh situs berita Israel Ynet untuk menentukan siapa ayang menurut masyarakat umum bisa dianggap sebagai 200 Greatest Israel.

Dia juga diakui oleh World Economic Forum Global Leader for Tomorrow sebagai salah satu dari 100 pemimpin muda top dunia, karena komitmennya untuk urusan publik dan kepemimpinan di wilayah di luar kepentingan profesional. Selain itu, Shwed menerima Academy of Golden Plate Achievement Award atas kontribusinya yang inovatif untuk bisnis dan teknologi.

Shwed menerima the Israel-America Chambers of Commerce Industry Award on behalf of Check Point Software Technologies. Penghargaan ini untuk perusahaan yang menunjukkan kemampuan kewirausahaan dan keunggulan dalam bidang teknologi canggih.

Pada 2010, Shwed diakui sebagai Ernst & Young Entrepreneur of the Year di Israel.

Baca juga:

- Kisah Sukses Christy Walton

-Ini Kisah Sukses Jeffrey Preston Bezos, Bos Amazon.Com

-25 Orang Terkaya Indonesia Versi Forbes

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Martin Sihombing
Sumber : sumber & foto therichest.org
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper